Syarat Marquez untuk Juara Dunia MotoGP 2017

MediaJatim.com – Dua sisa laga terakhir menjadi penentu bagi Marc Marquez menjadi juara dunia MotoGP 2017 di sirkuit Sepang, Malaysia Ahad (29/10) depan dan di sirkuit Ricado Tormo, Valencia pada 12 November mendatang.

Sebelumnya, tambahan 25 poin sudah diraih Rider Honda Nomor 93 tersebut di Philip Island, Autralia pada 22 Oktober lalu, membuatnya tetap berada di puncak klasemen sementara dengan 269 poin. Marquez terpaut 33 poin dari Andrea Dovizioso di peringkat kedua, dan juga menjadi calon Juara MotoGP 2017.

Secara matematis, ada sisa 50 poin di dua pertandingan terakhir. Namun, Baby Alien, julukan Marc Marquez mempunyai peluang yang lebih besar dari Dovizioso dengan margin 33 poin.

Dengan margin poin tersebut, Dovizioso tetap menjadi ancaman bagi Marc Marquez dalam penentuan gelar juara dunia. Pasalnya, Sirkuit Sepang merupakan ladang poin bagi Dovi.

Berdasarkan pertandingan tahun lalu, Dovizioso menjadi pemenang pertama di sirkuit sepang, sedangkang Marquez hanya bisa finis di urutan sebelas. Sedangkan tambahan poin di Sepang menjadi tonggak utama Marc Marquez mengunci Gelar Juara Dunia MotoGP tahun ini.

Skenario pun terjadi. Marquez bisa juara dunia jika bisa finis pertama atau kedua di sirkuit Sepang. Dengan demikian, Dovizioso tidak lagi bisa berharap menjadi juara dunia.

Seandainya Marquez berada di urutan kedua dengan 289 poin dan Dovizioso menempati podium pertama dengan 261 poin, tidak akan membuka kunci Marc Marquez mempertahankan gelarnya, karena Marquez tetap unggul 28 poin dari Dovizioso.

Sedangkan laga terakhir hanya menyisakan 25 poin, sekalipun tidak meraih satu poinpun di laga terakhir, Marc Marquez tetap aman sebagai juara dunia tahun ini.

Reporter: Imam Syafi’i

Redaktur: Sule Sulaiman

Foto: Istimewa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *