Manfaatkan Limbah, SMA Al-Falah Lolos Semifinal LKTI

Media Jatim

MediaJatim.com, Pamekasan – Delegasi dari SMA Al-Falah dalam ajang Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) kategori Daur Ulang Limbah dapat menunjukkan bakat terbaiknya setelah berhasil masuk ke babak 25 besar atau semifinal, Minggu (29/10).

Lomba yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa jurusan (HMJ) Biologi Universitas Negeri Surabaya tersebut, diikuti oleh siswa yang berasal dari SMA/MA/SMK se- derajat di seluruh Indonesia.

Meski peserta berasal dari berbagai daerah, tidak membuat Faizatul Holidiyah gentar. Bersama kedua rekannya, Nurul Kamalia dan Anis Sulalah, dia menulis karyanya dengan judul “Efertivitas Air Rendaman Daun Tembakau Terhadap Mortalitas Jentik Nyamuk”. Sehingga mereka mampu melaju ke babak 25 besar.

Baca Juga:  Wisuda Akbar Tahfiz Al-Qur'an SD Plus Nurul Hikmah Berlangsung Haru, Para Hafiz Sungkem kepada Orang Tuanya

Keberhasilan mereka tidak lepas dari tiga guru pembimbing. Yakni, Fatmawati A sebagai guru bahasa indonesia, Kiswatul Lathifah sebagai guru kimia, dan Mega sebagai guru Biologi.

“Kami selalu memotivasi mereka untuk terus belajar dan berkreasi, terutama untuk Faiza sebagai ketua tim,” ujar Kiki panggilan Kiswatul Lathifah mewakili 2 guru pembimbing yg lain.

Mohammad Jasuli sebagai kepala SMA Al-Falah Sumber Gayam Kadur merasa bangga atas prestasi yang di raih siswanya.

“Kedepan, kita akan akan perkuat dan bekali para siswa dengan program ektrakurikuler di bidang karya tulis ilmiah untuk mendukung kemampuan mereka dalam menulis, mudah-mudahan rencana ini segera terwujud,” ungkap Jasuli.

Baca Juga:  Pandemi Covid-19, SMK Puspa Bangsa 1 Bantu Janda Tua Sarimulyo

Perlu diketahui babak semifinal akan dilaksanakan pada tanggal 4 November 2017 dengan bentuk demonstrasi produk. Sedangkan babak final akan dilaksanakan pada tanggal 5 November 2017 dengan bentuk presentasi produk.  Babak semifinal dan final ini akan ditempatkan di Universitas Negeri Surabaya.

Reporter: Imam Syafii

Redaktur: Sule Sulaiman