Rahasia Sukses Kepala MTsN Sumber Bungur Terbaik Nasional

MediaJatim.com, Pamekasan – H Mohammad Holis membawa harum nama Kabupaten Pamekasan di tingkat nasional. Pucuk pimpinan MTsN Sumber Bungur (MTsN 3) Pakong Pamekasan tersebut mendapat penghargaan sebagai kepala madrasah terbaik tingkat nasional, Jumat (24/11).

H Holis diganjar dengan hadiah Rp 25 juta  beserta penghargaan lainnya dari Kementerian Agama (Kemenag) RI. H Holis bersaing dengan ratusan kepala sekolah madrasah se-Indonesia.

Prestasi tersebut berawal dari seleksi tingkat kabupaten dipilih 1 orang untuk dikirim ke provinsi dari 38 kabupaten/kota. Selanjutnya, kepala madrasah terbaik tingkat provinsi dipilih orang ke tingkat nasional dari 34 provinsi.

Apa saja rahasia sukses H Holis sehingga mampu menorehkan prestasi emas hingga tingkat nasional?

Penilaian yang berujung penghargaan atas prestasi tersebut diindikatori 4 hal. Pertama, H Holis dinilai mampu menguasai san mengimplementasikan lima kepala madrasah. Yakni, kepribadian, managerial, supervisi, sosial, dan kewiraysahaan.

Keberhasilan lainnya yang membuat H Holis dapat penghargaan prestisius ialah melakukan inovasi pengembangan madrasah dengan baik. Inovasi yang dilakukan meliputi pengembangan madrasah berbasis wisata edukasi dan ekologi.

H Holis juga sukses memberdayakan masyarakat sekitar madrasah. Di samping itu, dia juga memproduksi banyak karya tulis semacam produk ilmiah seperti buku, tulisan di jurnal dan sejenisnya. Menguasai secara aktif bahasa Arab atau Inggris juga jadi penentu prestasi.

“Saya terharu karena saya orang desa bisa mengungguli mereka dan bisa membanggakan Kementerian Agama dan Pamekasan,” ujar H Holis saat ditanyai kesannya mendapat penghargaan tersebut.

Ke depannya, H Holis bertekad akan terus berdakwah dan berinovasi di bidang pendidikan. Dia berpesa  kepada segenap guru madrasah agar mengakhiri paradigma ke madrasah hanya untuk rutinitas belaka.

“Ubah paradigma menjadi spirit berdakwah dan berinovasi melalui pendidikan,” tandasnya. (MJ-1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *