Moch Eksan: “Kekuasaan, Dakwah Paling Efektif”

MediaJatim.com, Jember – Anda tidak boleh apriori terhadap orang yang suka berpolitik. Sebab, kekuasaan adalah target utama dari sebuah ikhtiar politik. Sementara kekuasaan merupakan sarana yang cukup efektif untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah.

“Menurut saya, dakwah kekuasaan justru amat sangat efektif,” tukas Moch Eksan saat memberikan pengarahan dalam acara serap aspirasi di Dusun Tenggir, Desa Sumbersalak, Kecamatan Ledokombo, Jember, Sabtu (25/11).

Menurutnya, orang yang punya kekuasaan seperti kepala daerah, memiliki otoritas yang sangat luas untuk amar ma’ruf nahi mungkar dengan kebijakannya. Kalau amar ma’ruf tinggal mengalokasikan anggaran untuk mushalla, kegiatan pengajian dan sebagainya.

“Kalau nahi mungkar, tinggal perintahkan satpol PP untuk melarang judi, minuman keras. Dan itu efektif sekali jika dibanding dengan dakwah konvensional,” urainya.

Ia mengakui bahwa citra politik terkadang terstigma negatif karena ulah sebagian politisi yang kurang elok. Namun stigma tersebut tak seharus diberlakukan general.

“Sebab masih banyak politisi yang bersih dan benar-benar memanfaatkan kekuasaan untuk kemashlahatan umat,” lanjutnya.

Reporter: Aryudi A Razaq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *