Politisi Tak Boleh Lupa Konstituen

Media Jatim

MediaJatim.com, Jember – Engkau datang, lalu terbang. Engkau menang lalu menghilang. Kalimat tersebut kerap kali menjadi ungkapan sindiran bagi politisi yang tak ingat “asal usulnya” setelah dirinya meraih kemenangan. Saat butuh suara, mereka datang di tengah-tengah masyarakat.

Layaknya dewa penolong, mereka menawarkan ini dan itu. Tapi setelah terpilih, mereka habis tanpa kabar. Namun itu tidak belaku bagi anggota DPRD Jawa Timur, Moch. Eksan.

“Mohon maaf, saya tidak lebih baik dari yang lain. Tapi saya punya prinsip bahwa konstituen, ibu-ibu sekalian adalah modal utama saya. Politisi tak boleh lupa konstituen,” tukasnya saat menggelar reses di kediamannya, Perumahan Surya Milenia, Jember, Minggu (26/11).

Baca Juga:  H Rasyid: Guyub, Rukun Menuju Jember Sejahtera

Eksan menambahkan, bagi dirinya, reses bukan satu-satunya pintu untuk berinteraksi dan menerima keluhan dari masyarakat (konstituen). Ia menyatakan selalu membuka pintu rumahnya lebar-lebar bagi siapaun untuk melayani dan mengadvokasi persoalan masyarakat.

“Kalau ibu-ibu ada persoalan, jangan nunggu Reses kayak gini. Bisa langsung kapan saja ke saya, atau kalau tidak ada saya, bisa ke istri saya,” lanjutnya di hadapan 100-an hadirin.

Dalam kesempatan tersebut, Eksan menyerahkan bantuan kain seragam untuk ibu-ibu dan wanita di sekitar kediamannya.

Reporter: Aryudi A. Razaq