Peredaran Narkoba Ditengarai Bermotif Penghancuran Bangsa

MediaJatim.com, Jember-Peredaran narkoba di Indonesia ditengarai bukan hanya dilandasi oleh faktor ekonomi, tapi juga dipicu faktor lain yang mengarah pada penghancuran generasi anak bangsa. Indikasi tersebut bisa diterawang dari begitu massifnya penetrasi narkoba, merajam hampir semua elemen masyarakat, dengan berbagai modus.

Demikian diungkapkan anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Moch Eksan saat menjadi narasumber dalam sebuah acara di Balai Desa Nogosari, Kecamatan Rambipuji, Jember, Jumat (12/1) malam.

Menurutnya, pemberantasan narkoba di Indonesia oleh aparat penegak hukum sungguh luar biasa. Namun atmosfir peredaran narkoba sepertinya tak pernah surut.

“Coba bayangkan. Berton-ton narkoba disita tiap tahun, dan pelakunya diringkus, dijebloskan ke penjara. Tapi hilang satu tumbuh seribu. Ini saya kira ada grand design dari pihak lain untuk menghancurkan Indonesia,” tukasnya.

Untuk melawan itu, katanya, dibutuhkan kerjasama dan sinergi semua pihak. Minimal gerakan pemberantasan narkoba bisa dimulai dari keluarga.

“Misalnya dibentuk Gerakan Keluarga Anti Narkoba. Itu mungkin efektif sebagai wadah melindungi keluarga dari ancaman narkoba,” lanjutnya.

Acara tersebut digelar oleh mahasiswa peserta KKN Universitas Airlangga, Surabya bekerjadama dengan GANN (Gerakan Anti Narkoba Nasional (GANN) Jember.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: Sule Sulaiman