Wakapolres Trenggalek Pantau Langsung Penanganan Bencana Alam

Media Jatim

MediaJatim.com, Trenggalek – Bencana alam tanah longsor yang terjadi wilayah Kabupaten Trenggalek, hingga membuat akses jalan Kampak-Munjungan putus total. Bencana tersebut terjadi di Km 18 masuk Dusun Jedeg dan Dusun Suwaru, blok Watukembang petak 146 D Desa Ngadimulyo, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Minggu (21/1).

Wakapolres Trenggalek, Kompol Agung Setyono bersama pejabat utama melaksanakan pemantauan secara langsung proses penanganan bencana alam tanah longsor, sekaligus memastikan bahwa petugas Polri baik Satgas Bencana maupun Polsek jajaran telah menjalankan tugas sesuai perintah Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo S.

“Pemantauan ini guna melihat langsung proses penanganan lokasi tanah longsor dan memastikan anggota Polri, Satgas bencana serta Polsek jajaran dalam menjalankan tugas. Selain itu Polri harus hadir dan mengambil langkah-langkah bersama dengan TNI dan BPBD Kabupaten Trenggalek,’’ ungkap Kompol Agung Setyono, Senin (22/1).

Baca Juga:  Diguyur Hujan Lebih 1 Jam, Pohon Tumbang Lumpuhkan Jalur Utama Pacitan-Solo

Dikatakan, Polres Trenggalek akan terus berupaya dan berkoordinasi dengan instansi terkait mengingat jalur tersebut adalah jalan utama penghubung dua kecamatan. Sementara jika di lihat dari kondisi tanah labil dan masih rentan jika harus dilakukan pembersihan.

“Melihat kondisi tanah, dimungkinkan rentan apa bila di lakukan proses evakuasi atau pembersihan material, apalagi hujan masih terus turun. Namun demikian personel Polsek dan Satgas Bencana kami siagakan jika dibutuhkan sewaktu-waktu,’’ ucapnya.

Kompol Agung menambahkan, akses jalur utama Kampak-Munjungan saat ini lumpuh total. Hal ini dikarenakan jalan tertutup material longsor sepanjang sekitar 200 meter, lebar 7 meter dan tingggi 5 meter.

“Memang ada jalur alternatif lain, namun cukup jauh sementara kondisi jalannya juga kurang bagus. Untuk itu, Polres Trenggalek bersama dengan TNI dan Pemkab Trenggalek akan terus berupaya maksimal agar warga Munjungan khususnya tidak terisolir,’’ terangnya.

Baca Juga:  Suasana Pandemi Covid-19, Banjir Bandang Melanda Pantura Lamongan

Disinggung tentang korban materiil maupun jiwa, Kompol Agung menjelaskan, pihaknya belum bisa memastikan hal tersebut, namun sampai saat ini belum ada satupun pihak yang melaporkan kehilangan keluarga baik di Polsek Munjungan dan Kampak maupun langsung ke Polres Trenggalek.

“Kita doakan saja semoga benar-benar tidak ada korban. Namun demikian petugas tetap siap siaga dan menghimbaukan kepada warga agar tidak mendekat di sekitar lokasi longsor. Karena saat ini kondisi disekitar masih cukup berbahaya,’’ pungkasnya.

Reporter: Suparni

Redaktur: Sule Sulaiman