oleh

Eksan: Lafran Pane Sumber Inspirasi Anak Bangsa

MediaJatim.com, Probolinggo–Tidak bisa dipungkiri bahwa jasa-jasa Lafran Pane dalam membangun bangsa melalui gerakan dan kontribusi pemikirannya, cukup besar. Selain dibuktikan dengan pemberian gelar Pahlawan Nasional terhadap Lafran, secara kasat mata pendiri HMI itu, juga menjadi induk munculnya aktivis-aktifis handal di jagat nusantra ini.

Mereka dengan gigih memperjuangkan visi keindonesiaan dan keislaman sekaligus melalui berbagai jaringan dan profesi yang ditekuninya. Demikian disampaikan Presidium KAHMI Jember, Moch Eksan saat menjadi nara sumber dalam acara LK II HMI Cabang Probolinggo Jawa Timur di Probolinggo, Sabtu (27/1).

Baca Juga:  Tiga Hari, Kasatkoryon Banser Kadur Jalani Diklatsus Baritim

Menurutnya, Lafran Pane adalah sosok yang telah memberikan inspirasi bagi segenap anak bangsa untuk terus berjuang tanpa kenal lelah.

“Lafran itu suri tauladan yang menjadi sumber aspirasi dan inspirasi dalam mengembangkan nilai-nilai keindonesiaan dan keislaman secara holistik dan integral, sebagai identitas tunggal dalam diri kader umat dan kader bangsa,” urainya.

Dikatakannya, saat ini jumlah aktivis dan anggota HMI mencapai 400 ribu orang. Sementara alumninya sudah jutaan orang yang tersebar di berbagai profesi dan lintas antar daerah. Sedangkan di jalur politik setidaknya terdapat 62 aktifis HMI yang menjadi anggota (dari 560 legislator) DPR RI Periode 2014-2019.

Baca Juga:  GP Ansor Bangil Seragamkan Administrasi Organisasi

Hal tersebut, kata Eksan, cukup mengkonfirmasikan bahwa HMI adalah organisasi kader yang memiliki sosial networking kuat dan luas. Apa yang disebut dengan HMI Conection, merujuk pada kekuatan jaring laba-laba alumni HMI di negeri ini.

“Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ketua DPR RI Bambang Seosatyo, masing-masing alumni HMI Cabang Makassar dan HMI Cabang Jakarta, sekadar menyebut sebuah contoh,” ujarnya.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: Sule Sulaiman