oleh

Gelar Seminar Nasional, FEBI UINSA Datangkan 5 Pengusaha Sukses

MediaJatim.com, Surabaya – Menempuh pekan ketiga perkuliahan, Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) dan Senat Mahasiswa (SEMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, mempertajam kemampuan mahasiswa ber-entrepreneur dengan mengadakan Seminar Nasional yang bertajuk “Menjadi Pengusaha Masa Depan di Tengah Peradaban Perekonomian”, yang berlangsung di Gedung Auditorium UINSA, Senin (06/03).

Lima narasumber yang berlatar belakang pengusaha sukses didatangkan untuk memberikan materi dan berbagi pengalaman seminar. Mereka meliputi Keynote Speaker dan Speaker, antara lain; Teddy Rachman sebagai Keynote Speaker (MTR Surabaya/Owner Martabak Hawaii), dan Empat Speaker, Aldy Pradika (Majelis Mie Surabaya), Ari Rahman (Amany Syariah Residence Jember), Hasby Ash-Shiddiqie (Hasby Collection Ponorogo), dan Jundullah Asy-Syarief (EO MTR Bogor Jawa Barat .

Baca Juga:  Gandeng KKN UTM, Bunpenang Rayakan Kemerdekaan

Seminar Nasional yang tersebut dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai kampus di Jawa Timur, dan juga sebagian pengusaha di Surabaya. Hal ini membuktikan bahwa kebutuhan mahasiswa dan masyarakat akan pengetahuan berwirausaha mulai meningkat.

Ketua SEMA, Rifky Fathoni menyampaikan dalam sambutannya bahwa pentingnya berwirausaha untuk memenuhi tantangan ekonomi di masa depan. “Acara ini dilaksanakan menyesuaikan dengan minat mahasiswa terhadap entrepreneur yang meningkat, semoga mampu untuk menambah angka produktif”, jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Dekan III Bagian Kemahasiswaan, Dr. H. Muhammad Shodiq, M.Si, juga menyampaikan teknik-teknik ber-entrepreneur, agar sekiranya tetap dalam konsep yang diajarkan oleh Islam, sebagaimana akhlak Rasulullah dalam berwirausaha.

Baca Juga:  Mahasiswa UINSA Perdalam Pengetahuan Jurnalistik

“Jangan lupa kepribadian Rasulullah dalam berwirausaha juga diterapkan, yaitu Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh”, ungkap Muhammad Shodiq.

Seminar terlaksana dengan khidmat. Kelihaian narasumber dalam menyampaikan materi membuat seluruh audien betah hingga acara usai. Salah satunya dari pemateri muda nan enerjik dengan cerita yang sangat inspiratif, Hasby Ash-Shiddiqie.

“Kehidupan masa depan sulit untuk diraba, namun kebutuhan akan sesuatu takkan pernah punah, maka dari itu solusi efektif adalah dengan menciptakan peningkatan dalam bidang produksi agar ketergantungan terhadap sesuatu hal, tak menjadi halangan yang berkepanjangan,” tegas Hasby dengan gaya yang sangat khas.

Reporter: Ongky

Redaktur: Sulaiman