Visna: Perempuan Madura Adalah Pelopor Kedamaian

MediaJatim.com, Sumenep – Memperingati Hari Perempuan Internasional tahun ini, sejumlah perempuan di Kabupaten Sumenep mengikuti ngaji dan diskusi film dokumenter ‘Perempuan-Perempuan Juru Damai’ di Balai Kecamatan Guluk-Guluk, Kamis (12/3).

“Filmnya membahas kegiatan ekonomi yang dilakukan ibu-ibu sebagai dorongan terwujudnya perdamaian,” ungkap Mega, MDC Wahid Foundation.

Ditambahkannya, pemutaran film dokumenter ini adalah bagian dari program Kampung Damai yang mengupayakan keterlibatan perempuan dalam membangun masyarakat yang damai dan mandiri.

“Harapannya, film ini bisa jadi bahan pembelajaran bagi kelompok lain. Khususnya untuk menginisiasi pembangunan perdamaian di wilayahnya,” lanjutnya.

Selain itu, kegiatan ini diharapkan bisa menginspirasi para stakeholder untuk terlibat dalam setiap kerja pembangunan perdamaian.

Sementara Team Leader dari Wahid Foundation, Visna Vulovik menambahkan, kegiatan ini untuk menegaskan bahwa perempuan khususnya di Sumenep telah lama menginisiasi perdamaian. Sejak dulu mereka telah menjadi pelopor kedamaian.

“Perempuan damai sudah semestinya digaungkan dari Sumenep, agar jadi contoh bagi perempuan-perempuan lain di luar sana,” tutup Visna.

Reporter: Nur Khalis

Redaktur: Sulaiman