AHY Berbincang Bersama Petani di Banyuwangi

MediaJatim.com, Banyuwangi – Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkunjung ke Banyuwangi, Jawa Timur tepatnya di Ruang Taman Hijau (RTH) Desa Karangbendo, Kecamatan Rogojampi, Jumat (6/4) menggelar acara sambung rasa bersama petani Bumi Blambangan.

Komandan Satuan Tugas Bersama (Kogasma) ini saat tiba di lokasi, disambut ratusan kader DPC, PAC, dan simpatisan Partai Demokrat Banyuwangi. Tak berselang lama, putra sulung Presiden RI Ke – 6 ini langsung berbaur dengan para petani, bersama – sama menanam, menggiling dan memanen padi di area persawahan dekat RTH tersebut. Di sela kegiatan itu, AHY juga berbincang, berdiskusi serta menanggapi keluhan dari para petani.

“Baru nyampek saya sempat kaget, kok ada tenda di tengah sawah yang megah. Luar biasa ramainya, saya bangga bersama keluarga besar Demokrat,” kata AHY mengawali sambutannya.

Dalam sambutannya, AHY menjawab beberapa pertanyaan yang langsung dikemukan petani. Yamin, seorang petani dari Desa Badean, Kecamatan Kabat, ini mengeluhkan hasil produk petani yang monoton, kalah dengan produk pabrikan yang mutunya lebih bagus.

“Bagaimana agar kita ini bisa setara dengan produk pabrik,” keluh Yamin kepada AHY.

Mendengar pertanyaan itu, AHY menghimbau kepada para pemangku jabatan harus berkeadilan kepada para petani, terutama terkait hasil produk petani dan pabrikan harus bisa memberikan solusi.

“Pemangku jabatan haruslah berkeadilan, terutama untuk petani. Saya ingin merasakan perjuangan para petani kita, karena pangan adalah kebutuhan nomor satu,” jawab AHY.

Dia berpesan kepada para kader dan simpatisan partai, bahwa jangan sampai negeri yang kaya raya ini dinikmati segelintir orang saja. Karena itu negara harus adil, dan rakyat mendapat peluang usaha. Partai Demokrat tak henti – hentinya bergerak, Khofifah – Emil saya bisa benar – benar mewujudkan harapan rakyat petani jadi lebih baik.

“Saya akan lebih banyak meluangkan waktu untuk berinteraksi dengan para petani. Saya berjanji, tetapi pengabdian saya akan terus berjalan dan tentu semakin luas. Kita harus bergandengan tangan, harus senang dan kompak,” terangnya.

Dalam kunjungan itu, AHY juga menghimbau kepada generasi muda, berpesan supaya generasi muda harus menjadi yang terdepan.

“Saatnya yang muda berkarya dan memimpin indonesia,” pungkas AHY.

Berlangsungnya kunjungan AHY tersebut, dihadiri Calon Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak, anggota DPRD Jawa Timur dari Fraksi Partai Demokrat, Dokter Agung Mulyono, Sekretaris DPD Partai  Demokrat Provinsi Jawa Timur Renville Antonio, dan Tim Kogasma dari pusat.

Reporter: Yudi Irawan

Redaktur: Sulaiman