RBT Ungkap Tiga Rahasia Menjadi Pengusaha Sukses

MediaJatim.com, Pamekasan – Saat menghadiri acara Young Enterpreneur, Calon Bupati Pamekasan Ra Baddrut Tamam mengungkap tiga rahasia menjadi pengusaha sukses. Selain itu, ia juga banyak bercerita tentang kisah kehidupannya selama masih berada di bangku kuliah hingga berhasil merintis usaha.

Ternyata politisi asal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut, sebelum dan setelah terjun ke dunia politik sudah berhasil merintis beberapa usaha, mulai dari pedagang krupuk, pembuat topi hingga berhasil mendirikan butik di kota Surabaya.

Dalam pengakuannya, semasa menjadi mahasiswa Ra Baddrut sudah bisa meraup keuntungan berkisaran Rp 13 juta hingga Rp 15 juta dari usaha yang ditekuninya. Ia tertarik terjun menjadi pengusaha muda kala itu, tidak lain karena masalah keuangan yang tidak mencukupi hidup di kota Malang, sehingga membuatnya berpikir untuk memiliki penghasilan sendiri.

“Dari keuntungan usaha yang saya tekuni semasa menjadi mahasiswa berkisaran di angka 13-15 juta rupiah. Ya, lumayan untuk ukuran mahasiswa saat itu,” jelas Ra Baddrut Tamam dengan gaya khasnya.

Mantan Senator Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang itu juga mengungkap tiga rahasia sukses menjadi pengusaha sukses berdasarkan pengalaman yang telah ia lewati.

“Pertama, kita harus berbeda dan positif. Kita setidaknya mencari usaha yang berbeda dari yang lain dan itu sifatnya positif. Jika cenderung banyakan negatifnya jangan dilakukan,” paparnya, Kamis (10/05).

Selanjutnya, pria yang kental dengan sebutan RBT itu mengatakan, kita harus tahu sebelum orang lain banyak tahu. Dalam dunia usaha kita harus pintar membaca tren dan pasar, agar usaha yang kita lakukan bisa berkembang dengan pesat dan tidak gampang gulung tikar.

“Contoh salah satu yang sekarang menjadi tren di kabupaten Pamekasan adalah Batik Berbaur,” kata¬†calon bupati Pamekasan nomor urut satu itu dengan disambut tepuk tangan dari hadirin.

“Sedangkan yang ketiga, kita bisa mengaplikasikan atau merealisasi. Jadi kita bukan hanya sekedar bisa mengangan-angan saja, tapi harus bisa merealisasikan. Dan jangan pernah takut gagal,” tambahnya.

Jangan pernah mengaku pengusaha sukses jika masih belum gagal. Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, pungkas Ra Baddrut Tamam.

Reporter: Sulaiman

Redaktur: Aryudi Abdul Razaq