Alasmalang Banyuwangi Banjir Lumpur

MediaJatim.com, Banyuwangi – Banjir bandang terjadi di Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi. Luapan air sungai bercampur lumpur dan batang kayu, Selasa ( 15/5) malam, mengakibatkan puluhan rumah di Dusun Garit, desa setempat rusak.

Kepala BPBD Kabupaten Banyuwangi, Fajar Suasana menjelaskan, akibat banjir ini 8 rumah warga rusak berat dan 20 lainnya rusak ringan. Banjir terjadi akibat gorong – gorong yang berada di bawah jembatan Dusun Garit tersumbat batang pohon. Akibatnya air bercampur lumpur dan kayu itu meluap ke jalan raya, merendam masjid dan rumah warga setinggi 40 sentimeter.

“Air bercampur lumpur ini berasal dari kawasan Lereng Gunung Raung,” jelas Fajar ke sejumlah media.

Di lokasi, petugas BPBD Banyuwangi bersama warga langsung melakukan normalisasi aliran sungai dengan alat berat. Alat itu digunakan untuk mengangkat beberapa kayu berukuran besar di bawah jembatan tersebut. Petugas BPBD bersama warga juga membersihkan rumah – rumah warga dan jalan raya dari pasir dan lumpur dampak banjir tersebut.

“Pembersihan jalan kita mendapat bantuan dari tim pemadam kebakaran,” pungkasnya.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Rabu (16/5) melalui Dinas Sosial Kabupaten Banyuwangi langsung turun ke lokasi bencana, mereka memberikan bantuan sembako bagi warga terdampak banjir.

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *