Terdengar Ledakan, KMP Labrita Adinda Terbakar di Selat Bali

MediaJatim.com, Banyuwangi – Kebakaran terjadi di perairan Selat Bali. Asap terlihat mengepul di KMP Labrita Adinda, saat berlayar dari Pelabuhan Gilimanuk Bali menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.

Kapal ini terbakar usai terjadi ledakan di salah satu ruangan mesin, 10 menit sebelum sandar di Pelabuhan LCM Ketapang, Kamis (17/5) sekitar Pukul 14.00 WIB.

“Kebakaran terjadi di dek kapal lantai 2, Api masih menyala,” jelas Kapolres Banyuwangi AKBP Donny Adityawarman ke sejumlah media, saat memantau langsung kebakaran kapal di lokasi.

KMP Labrita Adinda mengangkut 5 Truk besar, 1 kendaraan keluarga Avanza, 2 sepeda motor, dan 25 penumpang ini langsung dievakuasi ditarik ke pantai oleh KMP Karya Maritim II, dikawal Tag Boat pemadam kebakaran milik pelabuhan.

“Tadi saya dengar ledakan itu dari ruangan mesin. Alhamdulillah semua penumpang selamat,” kata Hariyono, penumpang yang selamat.

Penyelamatan penumpang dan ABK KMP Labrita Adinda, pihak otoritas pelabuhan langsung memerintahkan KMP Karya Maritim II yang bersebelahan membantu mengevakuasi. Penyelamatan kapal juga dibantu 2 unit kapal Tag Boat milik Pelabuhan Tanjung Wangi dan Kapal cepat milik Basarnas.

Supaya tak terseret arus, KMP Labrita Adinda diikat tali dengan KMP Karya Maritim II. Di lokasi, Basarnas mengerahkan kapal pemadam kebakaran Transko Jalak untuk memadamkan api di KMP tersebut.

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman