Kalah dari Persipura, Madura United Tergeser

MediaJatim.com, Jayapura – Persipura Jayapura memberikan kekalahan pahit 6-0 pada Madura United di Stadion Mandala Jayapura Papua, Sabtu malam (19/05). Gol Persipura tercipta melalui Boaz Solossa di menit 8′, 38′, Ian Louis Kabes menit 30′, Marcell Sacramento 58′, Todd Rivaldo Ferre 73′ dan Imanuel Wanggai 86′.

Babak Pertama

Sejak peluit awal pertandingan berbunyi Persipura yang sebelumnya mengalami kekalahan dari Persib Bandung langsung tancap gas menekan pertahanan Madura United. Pergerakan taktis ala sepakbola Indonesia bagian timur ditunjukan Persipura dengan baik.

Di menit 8 Persipura mengawali keunggulan, melalui kaki Boaz Solozza. Mantan penyerang Tim Nasional Indonesia itu berhasil menyarangkan bola ke gawang Madura United yang dikawal Herry Prasetyo.

Tertinggal, Madura United berusaha membangun serangan. Mantan pemain Persipura, Zah Rahan sempat mengancam gawang Dede Sulaiman melalui serangan balik cepat. Namun tendangan Zah Rahan masih melenceng sedikit dari gawang.

Alih-alih mengejar ketertinggala, Madura United kembali kemasukan gol. Ian Louis Kabes membuat ulah dengan menggandakan keunggulan di menit 30′. Skor menjadi 2-0. Absennya Greg Nwokolo rupanya membuat penyerangan Laskar Sape Kerrab minim kreasi. Praktis hanya mengandal penyerangan dari sisi sayap yang dihuni Zah Rahan dan Bayu Gatra.

Unggul 2-0 membuat Persipura semakin memainkan bola. Gol Persipura kembali lahir melalui Sang Kapten, Boaz Solossa mencetak gol setelah berhasil meneruskan umpan dari Marcell Sacramento. Herry benar-benar bersusah payah di bawah mistar gawang menghadapi duet Boaz Solossa bersama Marcell Sacramento yabg terus mengancam pertahanan Madura United.

Babak Kedua

Hasil dari babak pertama tidak membuat Persipura menggendorkan serangan. Ian Louis Kabes bersama M. Thahir semakin rajin menyuplai bola ke lini depan, tapi masih beruntung masih bisa diatasi oleh pertahanan Madura United. Di menit 58′, akhirnya gempuran punggawa Mutiara Hitam kembali berbuah hasil. Marcell Sacramento berhasil memperlebar keunggulan. Ia berhasil memanfaatkan kemelut di depan gawang Herpast. Skor berubah menjadi 4-0, benar-benar menjadi mimpi buruk bagi Madura United.

Madura United yang tidak gampang menyerah, terus mencari celah di pertahanan Persipura melalui pergerakan Bayu Gatra, Engelberd Sani, Zah Rahan dan Beto de Paula, meski sudah tertinggal jauh.

Di menit 66′ Madura United berusaha mengubah taktik dengan memasukkan Imam Bagus dan menarik keluar Alfath Fatir. Tapi sayang, masuknya Imam Bagus tidak lantas membuat paceklik gol Madura United teratasi. Bahkan secara mengejutkan Persipura kembali menambah gol kemenangan melalui Todd Rivaldo Ferre di menit 73′. Pemain yang masih berusia 19 tahun itu masuk sebagai pemain pengganti dan langsung mencetak gol.

Persipura benar-benar berpesta, pemain yang juga baru masuk, Imanuel Wanggai tidak mau kalah juga ikut mencatatkan namanya di papan skor di menit 86′.

Sedangkan hingga peluit tanda pertandingan berakhir, Madura United tidak berhasil mencetak gol. Dengan hasil ini, Persipura Jayapura berhak menggeser Madura United di puncak klasemen dengan raihan 17 poin.

Madura United: Herry Prasetyo (GK) , Munhar, Fakhrudin W. Ariyanto, Alfath Fatir (Imam Bagus Kurnia 67′), Rendika Rama, Asep Berlian, Nuruddin Davronov, Slamet Nurcahyo, Zah Rahan Kranggar, Bayu Gatra Sanggiawan, Alberto Antonio de Paula (Engelberd Sani 46′).

Reporter: Sulaiman

Redaktur: Aryudi Abdul Razaq