Resaj: Tebar Cinta Al-Quran di Bulan Ramadhan

MediaJatim.com, Jember, Bulan Ramadhan tidak hanya sebagai bulan untuk memenuhi kewajiban menjalankan rukun Islam yang ke empat yaitu puasa. Bulan Ramadhan juga merupakan Nudzulul Quran, bulan dimana Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW.

Untuk mengisi bulan yang penuh berkah ini, sejumlah kegitan religius dilaksanakan oleh umat Islam, salah satunya adalah Khotmil Quran seperti yang dilaksanakan oleh sejumlah remaja muslim di Kabupaten Jember.

Ya, untuk menebar cinta terhadap Al-Quran, sejumlah remaja muslimah yang tergabung dalam Remaja Syarie Jember (Resaj) secara rutin mengadakan Khotmil Quran dan Pengajian Akbar di beberapa daerah. Kali ini acara tersebut bertempat di Desa Sukogidri, Kecamatan Ledokombo (3/06).

“Menebar cinta Al-Quran seharusnya bisa dilakukan kapan dan di mana saja, tidak hanya di bulan Ramadhan. Namun kami menilai Ramadhan merupakan momen yang sangat tepat, maka kami memilih melaksanakan acara rutin tahunan di bulan ini,” ujar Alfiatul Hasanah, ketua Resaj.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Kepala Desa Sukogidri yang berharap tahun depan acara tersebut dapat dilaksanakan kembali di desanya dengan format dan kegiatan yang lebih padat lagi.

“Saya sangat senang jika ada sekumpulan remaja yang bersemangat dalam menebar dakwah semacam ini. Apalagi semuanya perempuan. Kami pasti sangat mendukung, tidak hanya moral tetapi juga materi. Ini kegiatan yang sangat positif. Di era milenial, tidak banyak kaum remaja yang memiliki kepedulian semacam ini,” tukasnya saat membuka acara.

Selain khotmil quran dan pengajian, acara tersebut juga diisi dengan beberapa kegiatan diantaranya adalah lomba tartilul quran dan fashion muslimah untuk tingkat anak-anak serta buka bersama.

Reporter: Haris SP

Redaktur: Sulaiman