DPRD Minta Pemkab Sumenep Lebih Maksimal Tangani Korban Gempa

MediaJatim.com, Sumenep – DPRD Kabupaten Sumenep meminta pemkab setempat bekerja lebih maksimal, khususnya dalam membantu korban terdampak gempa berkekuatan 4,8 skala richter yang meluluhlantakkan ratusan rumah di tiga kecamatan beberapa waktu lalu.

Juhari, anggota Fraksi PPP DPRD Kabupaten Sumenep menyatakan, warga terdampak gempa mengharapkan bantuan dari pemerintah tidak sepotong-sepotong. Terutama bagi warga Desa Bullaan Kecamatan Batu Putih Sumenep, lokasi terparah gempa.

“Memang penanggulangan bencana sudah kesana. Tapi masyarakat berharap tindak lanjut bantuannya sampai selesai, sampai rampung lah,” tutur Juhari, Senin (02/7).

Dari hasil serap aspirasi yang dilakukan, Juhari menambahkan, dinas terkait harus memantau terus pemulihan kondisi korban terdampak gempa. baik secara fisik (bangunan) dan psikologi warga terdampak gempa, khususnya di Desa Bulla’an.

“Pembangunan harus berkesinambungan sampai tuntas. Jangan hanya semen, batunya tidak.” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Sumenep Abd. Rahman Riadi menyebutkan bahwa bantuan stimulan yang bersumber dari Dana Bantuan Tidak Terduga (BTT) hingga saat ini masih dalam proses.

“Dana stimulan untuk korban gempa, dalam proses. Dalam waktu dekat, insyaAllah cair,” jelas Rahman.

Sementara terkait pembangunan, direncanakan bulan Juli atau akhir Agustus mendatang pembangunan rumah terdampak gempa akan rampung.

 

 

Reporter : Nur Khalis

Redaksi : Sulaiman