AQ Telepon Mensos, Bantuan Langsung Mengucur ke Madura

MediaJatim.com, Sumenep – Duka atas bencana gempa berkuatan 4,8 scala richter yang mengguncang Kabupaten Sumenep beberapa waktu lalu, terus menuai simpati.

Selain memang tanggung jawab negara sesuai UU Kesejahteraan Sosial No. 11 tahun 2009, putra terbaik Sumenep yang memegang jabatan penting sebagai anggota BPK RI, Achsanul Qosasi juga terlibat langsung.

“Setelah kejadian, saya langsung telepon Pak Idrus Marham, Menteri Sosial,” tutur Pak AQ, sapaan akrab Achsanul Qosasi saat penyerahan bantuan sosial di Pendopo Agung Sumenep, Minggu (8/7).

Di hadapan sejumlah warga terdampak bencana gempa, perwakilan Kementerian Sosial dan Forpimda Kabupaten Sumenep, AQ melanjutkan, dirinya sempat khawatir tidak akan mendapat respon positif terkait bencana yang melanda tanah kelahirannya tersebut.

Magister lulusan Jose Rizal University Philipines itu menduga, para pegawai di kementerian sosial sedang mudik karena musibah tersebut terjadi satu hari sebelum lebaran.

Namun ternyata menteri sosial memberikan garansi pada Presiden Klub Madura United tersebut bahwa pihak kemensos akan membantu secara penuh warga terdampak gempa.

“Kita harus berterima kasih kepada tagana, yang bahkan mereka berlebaran di Batu Putih,” ujarnya.

Sarjana Ekonomi lulusan Universitas Pancasila tersebut menilai, negara sudah punya sistem yang baik dalam pencegahan, penanganan dan penanggulan bencana.

Terkait gempa yang terjadi, AQ juga cukup terkejut. Sebab musibah yang meluluhlantakkan ratusan rumah tersebut, seingatnya adalah kejadian pertama di Sumenep.

“Dari dulu, gempa di Sumenep kecil. Paling bergerak sedikit. Yang banyak puting beliung,” kata AQ dalam bahasa madura yang disambut tawa seluruh warga.

Sementara itu, Pemkab mengapresiasi dan sangat berterima kasih pada Kementerian Sosial dan BPK RI karena secara penuh membantu warga terdampak gempa.

“Sumenep berterima kasih kepada semua pihak. BPK kan mitra dengan Kementerian Sosial,” jawab Achmad Fauzi, Wakil Bupati Sumenep saat diwawancari setelah penyerahan bantuan.

Kerjasama ini, menurut Fauzi, bukti bahwa kebersamaan Pemkab dan seluruh pihak yang terlibat tidak hanya diatas kertas. Tapi juga kebersamaan diatas lapangan.

“Ini yang saya sebut tadi saat sembutan, tidak hanya bersama diatas kertas. Tapi kebersamaan diatas lapangan,” pungkasnya.

Reporter: Nur Khalis

Redaktur: Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *