Festival Kuliner Nusantara, Dari Pawai Kuliner Hingga Workshop Bersama Chef Nasional

MediaJatim.com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep melalui Dinas Pertanian Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Dispertahotbun) setempat menggelar Festival Kuliner Nusantara. Festival ini merupakan rangkaian dari agenda Visit Sumenep tahun 2018, Sabtu (14/7).

“Kegiatannya ada pawai kuliner dan cooking demo bersama chef nasional, chef Marinka,” tutur Bambang Heriyanto, Kepala Dispertahotbun saat memberi sambutan pembukaan pawai kuliner.

Pawai kuliner, lanjut Bambang, diikuti oleh 439 peserta. Pawai yang dimulai dari depan rumah dinas bupati ini juga dimeriahhkan oleh puluhan sepeda onthel, saronin, marching band dan perwakilan siswa.

Selain pawai dan cooking demo bersama chef Marinka, Festival ini juga menggelar sejumlah kegiatan lain. Diantaranya lomba masak soto sabrang, lomba foto dan vlog.

Bambang menambahkan, panitia juga menggelar Fun Trip bersama ratusan biro travel dan biro hotel se Indonesia. Selain itu, panitia juga akan menggelar gala dinner bersama kementerian pariwisata.

“Tujuannya untuk mengenalkan potensi wisata Sumenep secara lebih massif kepada semua pihak,” jelasnya.

Sementara itu ketua PKK Kabupaten Sumenep, Nurfitriyana, menyampaikan terima kasih kepada panitia dan semua pihak yang terlibat dalam festival ini.

Nurfitriyana juga berharap, Festival Kuliner Nusantara ini, khususnya workshop kuliner bersama chef Marinka, bisa melahirkan koki-koki handal dari Sumenep.

“Mudah-mudahan dari workshop ini, lahir koki-koki handal dari Sumenep,” ucap Nurfitriyana saat memberi sambutan di hadapan ratusan peserta workshop di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Sumenep.

Selain lahir koki-koki handal, Nurfitriyana juga menginginkan festival ini mampu meningkatkan ekonomi msyarakat, khususnya ibu-ibu dalam bidang kuliner.

Sesuai agenda, Festival Kuliner Nusantara ini akan digelar selama 2 hari penuh, mulai tanggal 14 – 15 Juli 2018. Sepanjang Jalan Trunojoyo Sumenep, ratusan stand mulai pamerkan hasil kreasi masakan masing-masing.

 

Reporter: Nur Khalis
Redaksi: Sulaiman