Bupati Banyuwangi dan Kang Zul Bangga Bawa Obor Asian Games

MediaJatim.com, Banyuwangi – Obor Asian Games Tahun 2018 sampai di Banyuwangi Jawa Timur, disambut meriah oleh pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Obor itu dikirab dari Rest Area Tamansari Kecamatan Licin menuju Banyuwangi Kota, diterima langsung Bupati Banyuwangi tepat di depan Stadion Diponegoro, Minggu (22/7).

Dalam sambutannya Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengungkapkan, jika obor Asian Games sangat luar biasa. Karena Kota Gandrung salah satu daerah yang dilalui. Bahkan menjadi tranding topik, sebelum obor Ke – 18 ini tiba di Bumi Blambangan.

“Saya lihat sejak Pukul 11.30 WIB, Obor Asian Games di Banyuwangi menjadi topik media sosial nasional,” jelas Anas.

Usai itu, Bupati Abdullah Azwar Anas menyerahkan obor itu ke Achmad Zulkarnain fotografer handal penyandang disabilitas kelahiran asli Banyuwangi. Meski keterbatasan fisik, pria berusia 26 Tahun asal Desa Benelan Lor Kecamatan Kabat ini sangat antusias membawa obor tersebut.

“Saya sangat bangga dan tak menyangka bisa dilibatkan dalam even sebesar ini. Ini suatu kebangaan bagi saya sebagai penyandang disabilitas,” terang Kang Zul, nama akrabnya.

Kang Zul langsung membopong obor kebanggaan itu berjalan kaki sejauh 50 meter. Kemudian Kang Zul dinaikan kursi roda didorong perlahan oleh Bupati Banyuwangi bersama rombongan, sejauh 500 meter.

Tak lama kemudian, obor tersebut dikirab keliling kota dari Stadion Diponegoro Banyuwangi ke Pendopo Shaba Swagata Blambangan. Usai dari Banyuwangi, Obor Asian Games Tahun 2018 ini rencananya akan menuju Pulau Bali, melalui Pelabuhan Ketapang.

Deputi Perumusan Kebijakan Dan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kemen PAN RB Imanudin, Kepala Dinas Kominfo Provinsi Jatim, General Manager Angkasa Pura II, Wakil Bupati Banyuwangi, Kapolres Banyuwangi dan Kajari Banyuwangi turut hadir memeriahkan penyambutan obor tersebut.

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman