oleh

Desa Sarimulyo Prioritaskan Bedah Rumah dan Jalan Paving

MediaJatim.com, Banyuwangi – Melalui Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) Tahun 2018, Program Pembangunan Pemerintah Desa Sarimulyo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi, diprioritaskan untuk bedah rumah dan sarana infrastruktur pembangunan jalan paving.

Menurut Didik Eko Andrianto S.Pd Kepala Desa Sarimulyo, program bedah rumah pemerintah desa merealisasi sebanyak 8 rumah warga tidak layak huni. Sumber dana pembangunan program itu di danai dari ADD.

“Program sudah dikerjakan Tim Pelaksana Kegiatan (TPK). Masing – masing, 3 rumah warga Dusun Cempokosari, 2 rumah warga Dusun Rejomulyo, 2 rumah Dusun Sempu dan 2 Rumah warga tak layak huni di Dusun Pandansari,” jelasnya.

Salah satu rumah warga tak layak huni yang mendapatkan program bedah rumah Desa Sarimulyo Kecamatan Cluring

Sedangkan pembangunan jalan paving menurutnya di danai dari DD, direalisasi 1 titik di Dusun Cempokosari, 2 titik di Dusun Pandansari, 1 titik di Dusun Sempu dan 1 titik di Dusun Rejomulyo dan saat ini juga tengah dikerjakan TPK bersama masyarakat.

“Pembangunan bisa direalisasikan bedasar pada pengajuan masyarakat saat Musyawarah Rencana Pembangunan Desa dan tertuang dalan Rencana Pembangunan Desa Sarimulyo,” terangnya.

Menurut Didik, selain sarana infrastrukrur dan bedah rumah, dari dana yang didapat juga direalisasikan untuk program pemberdayaan masyarakat dan pengadaan mobil operasional desa. Mobil ini digunakan untuk kepentingan pemerintah desa dan masyarakat, pengadaannya akan direalisasi dari dana ADD.

“Tahun ini dana yang kita dapat seluruhnya untuk membangun desa. Alhamdulillah pembangunan paving sudah terealisasi begitupun bedah rumah warga tak layak huni juga sudah hampir rampung dikerjakan. Program ini kami diprioritaskan, karena kami ingin selangkah lebih maju bersama masyarakat,” pungkas Kepala Desa Sarimulyo Didik Eko Andriyanto S.Pd.

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman