Kata Menpan RB, Mall Pelayanan Publik Banyuwangi Bisa Untuk Ngurus Paspor

MediaJatim.com, Banyuwangi – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur singgah di Banyuwangi, Senin (8/6).

Setibanya di Kota Gandrung, Menpan RB bersama rombongan meninjau beberapa tempat pelayanan masyarakat, salah satunya di Mall Pelayanan Publik Banyuwangi. Hasilnya, inofasi yang dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Banyuwangi sudah berjalan baik.

Untuk meningkatkan pelayanan, Menpan RB berkoordinasi dengan Sekertaris Jenderal (Sekjen) Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dalam kordinasi itu, Mall Pelayanan Publik diusahakan bisa digunakan untuk melayani kepengurusan Paspor. Bahkan di tempat tersebut, juga bisa digunakan untuk pelayanan tilang kendaraan, sidang – sidang singkat dan pelayanan lain.

“Tadi juga sudah saya bicarakan dengan Sekertaris Mahkamah Agung, beberapa pelayanan Polres Banyuwangi juga bisa dilakukan di tempat itu. Nanti, Kejaksaan Negri bisa membuka counter di Mall Pelayanan Publik,” terang Mempan RB dalam sambutannya.

Menanggapi pemaparan tersebut, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengaku senang. Sebelumnya hal ini sudah diberitahukan ke Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, berharap pelayanan Imigrasi bisa dilakukan satu atap di Mall Pelayanan Publik

“Diluar dugaan kami, hari ini ada kunjungan Manpan RB yang ngajak Sekjen Kemenkumham. Beliau meminta dalam minggu ini bisa segera dipersiapkan. Bayangkan, mulai dari ngurus KTP, sidang dan lain – lain cukup disatu tempat. Tentunya hal ini merupakan hadiah untuk masyarakat Banyuwangi,” ucap Anas.

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman