Gerak Jalan Gembira Warnai HUT Kemerdekaan RI Ke- 73 Desa Gagah

MediaJatim.com, Pamekasan – Karang Taruna Harapan Jaya, Desa Gagah, Kadur, Pamekasan menyelenggarakan berbagai kegiatan lomba dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke- 73. Kegiatan lomba yang dimotori oleh para pemuda desa tersebut berlangsung selama 17 hari, sejak tanggal 1 Agustus sampai 17 Agustus 2018.

Ada salah satu lomba yang sangat menghibur dan menarik antusias warga untuk menyaksikan, yakni lomba Gerak Jalan Gembira. Lomba ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing dusun dan pesertanya kebanyakan dari ibu-ibu rumah tangga.

Selain itu uniknya, peserta selama di perjalanan tidak seperti lomba gerak jalan yang biasa dilaksanakan. Mereka dari start pemberangkatan hingga finish tidak henti-hentinya bernyanyi, beryel-yel dan berkreasi sesuai dengan kekreatifan masing-masing kelompok.

Ketua Panitia Pelaksana, Lif Khodir mengatakan, lomba Gerak Jalan Gembira ini merupakan bagian dari beberapa lomba yang diselenggarakan untuk memeriahkan acara HUT Kemerdekaan RI ke- 73 dan sengaja dikonsep menarik untuk memancing antusias warga.

“Alhamdulillah lomba Gerak Jalan Gembira ini memang luar biasa menyedot perhatian warga. Ini memang yang kami inginkan. Kemeriahan ini, salah satu bagian rasa syukur kami atas kemerdekaan Republik Indonesia,” ujarnya saat ditemui usai lomba Gerak Jalan Gembira, Minggu (12/08) di Lapangan Balai Desa Gagah Kadur.

Pemuda alumnus Universitas Trunojoyo Madura itu juga menambahkan, kegiatan HUT RI ini dimeriahkan dengan 24 macam lomba dan akan diparipurnai dengan acara pesta rakyat.

“Acara ini berlangsung 17 hari dan akan ditutup dengan acara pesta rakyat di tanggal 17 Agustus nanti,” tambah Lif Khodir.

Zainal Fattah selaku warga Desa Gagah juga mengakui kemeriahan HUT RI tahun ini. Baginya kegiatan yang mendapat dukungan penuh dari pemerintah desa tersebut berlangsung dengan sangat meriah.

“Lebih meriah dari sebelumnya. Lomba-lombanya menarik dan mendidik. Warga sangat berterimakasih kepada panitia pelaksana, terkhusus kepada pemerintah desa yang telah memfasilitasi kegiatan ini,” akui Zainal Fattah.

Kegiatan ini berlangsung juga berkat bersinergi dengan peserta Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) dari Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Madura.

Reporter: Sulaiman

Redaktur: Aryudi AR