Proppo Beralih Dukung Anam Jadi Ketua GP Ansor Pamekasan

MediaJatim.com, Pamekasan – Dukungan terhadap incumbent Fathorrahman mulai melorot. Setelah 5 pimpinan anak cabang (PAC) deklarasi dukungan terhadap sahabat Anam, akhirnya PAC Proppo mengalihkan dukungan.

Jika sebelumnya PAC GP Ansor Proppo merapat ke Fathorrahman, kini justru beralih dukungan ke Anam. Dukungan ini cukup mengejutkan mengingat nama Anam tidak muncul sebelumnya.

“Kami tidak bermaksud mengkhianati sahabat Fathorrahman. Andai tahu dari awal sahabat Anam siap maju, tentu kami membackupnya,” ujar Ketua PAC GP Ansor Proppo, Subhan Maulana.

Subhan mengakui telah mengeluarkan surat rekomendasi secara resmi ke Fathorrahmab. Tapi dengan munculnya Anam, dia sanggup akan menarik dukungannya itu.

“Saya sudah lama bersahabat dengan Anam. Saya sangat paham betul kualitas kepemimpinan dan jejaringnya yang kuat. Dia juga rendah hati. Kita butuh pemimpin seperti beliau. Satu-dua hari lagi kami pastikan surat rekomendasi resmi dari Proppo ke sahabat Anam,” terang Subhan, Sabtu (25/8).

Dengan tambahan kekuatan dari Proppo, kini sahabat Anam didukung penuh oleh 6 PAC. Di antaranya adalah Pakong, Kadur, dan Larangan.

Sudah Bukan Kuda Hitam

Semula hanya dibaca sebagai kuda hitam, tapi dalam perkembangannya justru dapat dukungan secara massif.

Itulah sahabat Hairul Anam, Ketua PAC GP Ansor Kadur yang diproyeksikan bakal meramaikan bursa calon ketua dalam Konferensi Cabang (Konfercab) GP Ansor Kabupaten Pamekasan pada Ahad (16/9) mendatang.

Kini, sahabat Anam sudah mengantongi dukungan dari 6 PAC di Kota Gerbang Salam. Itu di luar dugaan mengingat cukup 3 rekomendasi PAC untuk lolos sebagai calon ketua cabang.

“Bagi saya, dukungan ini amanah berat. Tapi bila sejarah memanggil, tidak ada kata menyerah,” tegas Anam.

Namun bagi Anam, meski didukung oleh seluruh PAC sekalipun, dirinya tidak akan maju bila tidak diiringi oleh restu para kiai. Utamanya dari jajaran mustasyar dan tanfidziyah PCNU Pamekasan.

“Yang pasti, Kadur, Pakong, dan Larangan sudah bulat ke sahabat Anam. Kini bertambah Proppo,” tegas Ketua PAC GP Ansor Pakong, sahabat Badry.

Untuk 2 PAC lainnya, Badry masih merahasiakan. Alasannya, khawatir akan dicaplok oleh tim kandidat lainnya.

“Kita tahu saat ini calonnya mengerucut pada tiga kandidat. Selain sahabat Anam, ada sahabat incumbent Fathorrahman dan sahabat Syafiuddin yang pegang tiga PAC di pantura,” ungkap Badry.

Mengapa memilih sahabat Anam?

“Semula sahabat Anam tidak mau karena merasa tidak pantas dan suul adab kepada sahabat Fathorrahman yang merupakan seniornya. Tapi setelah kami beri banyak pertimbangan perlunya calon alternatif, beliau akhirnya mengiyakan,” tegas Badry.

Pengalaman sebagai leader, kesantunan, dan jejaring sosialnya yang kuat, tambah Badry, menjadi alasan tersendiri sehingga 5 PAC berkoalisi untuk memenangkan sahabat Anam.

“Yang terpenting adalah sahabat Anam steril dari kepentingan politik praktis. Dia bukan caleg dan bukan pula tim sukses dalam pemilukada kemarin. Kita butuh pemimpin yang independen dan mandiri,” tukas Badry.

Sementara itu, Syafiuddin dan Fathorrahman diklaim juga sudah mengantongi syarat dukungan tiga PAC. PAC Kota, Galis, dan Pegantenan condong ke Fathorrahman. Proppo sempat diklanya. Syafiuddin dibackup oleh tiga PAC di Pantura: Waru, Pasean, dan Batumarmar.

Reporter: Sulaiman

Redaktur: Aryudi AR