oleh

Dosen Pendidikan Biologi UIJ Ikuti Kongres KOBI

MediaJatim.com, Surabaya – Ketua KOBI 2018-2020, Dr. Budi Setiadi Daryono, M. Agr Sc memberikan materi tentang “Mega Biodiversity” dalam kongres kedua Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Ibis Surabaya tersebut mengupas tuntas tentang “Special Training KOBI” yaitu Kontruksi Kurikulum Program Studi Biologi /Pendidikan Biologi/Biotekteknologi (25/8).

Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Islam Jember (UIJ) sudah menjadi anggota KOBI, sehingga berhak mengirimkan perwakilannya.

Pada kegiatan kongres itu diisi dengan Laporan Pertanggung-jawaban Kepengurusan 2016-2018, Pemilihan Kepengurusan 2018-2020 yang jatuh sebagai Ketua POBI adalah Dr. Budi Setiadi Daryono, M. Agr Sc dari Universitas Gadjah Mada. Prof. Sutiman Bambang Sumitro, M.S., D.Sc. dari Universitas Brawijaya juga bertindak sebagai pemateri.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN UTM Ciptakan Energi Listrik Alternatif dari Limbah Tahu

Pada hari ke-2 diisi dengan kegiatan Rekonstruksi Kurikulum yang pematerinya adalah Prof. Sutiman Bambang Sumitro, M.S., D.Sc. dari Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Bambang Irawan, M.Sc dari Universitas Airlangga, dan Dra. Yulia Sistina, M.Sc., Ph.D dari Universitas Jenderal Sudirman.

Dra. Siti. Roudlotul Hikamah, M.Kes. selaku perwakilan dari UIJ terkesan dengan kegiatan ini. Menurutnya, KOBI mampu memfasilitasi struktur kurikulum yang ada pada Pendidikan Biologi, Biologi, dan Bioteknologi.

“Dengan cara seperti itu, semua kelompok bahan kajian tercover sesuai dengan proporsinya,” tutur dosen kandidat Doktor Universitas Negeri Malang ini.

Baca Juga:  Ikutilah! OPTIKA 2019 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Selain itu, sesuai dengan isu terkini tentang terancamnya keanekaragaman hayati dan global warming yang ada di bumi, tekannya maka perlu adanya tindakan nyata untuk menanggulanginya.

“Sesuai saran KOBI, perlu dimasukkannya materi megabiodiversitas. Ini penting agar mahasiswa mempunyai kesadaran dalam menjaga keanekaragaman hayati yang ada di bumi,” imbuhnya.

Reporter: HS Putra

Redaktur: Sulaiman