Siswa Sumber Bungur Raih “Award” Olimpiade Matematika Internasional di Hongkong

MediaJatim.com, Pamekasan – Sebanyak tiga orang siswa dari Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri Sumber Bungur,  Pamekasan, Jawa Timur yang diutus mewakili Indonesia  di olimpiade matematika internasional pada kegiatan Hongkong International Mathematical Olimpiade (HKIMO) 2018 berhasil meraih “award” dan mengharumkan nama Indonesia.

Menurut Kepala MTs Negeri Sumber Bungur Kholis, ketiga siswa itu masing-masing Alifa Raisan Nafila, Adinda Wahyu Mabruro dan Putri Rahmatiyani.

“Ketiganya meraih penghargaan berbeda dan merupakan utusan MTs Negeri Sumber Bungur,” ujar Kholis dalam keterangan persnya di Pamekasan, Selasa (4/9/2018).

Alifa Raisan Nafila  berhasil meraih “Bronze Award”,  Adinda Wahyu Mabruro meraih  “Merit Award” dan Putri Rahmatiyani meraih “Merit Award”.

Ia menjelaskan, olimpiade matematika internasional di Hongkong itu digelar sejak 30 Agustus hingga 3 September 2018 di Frwsh Fist Traders’ School.

Olimpiade itu diikuti perwakilan siswa dari sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia. “Kebetulan salah satu lembaga pendidikan yang ditunjuk untuk mewakili kompetisi ini adalah MTs Negeri Sumber Bungur,” ujar Kholis.

Sebelum mengikuti olimpiade itu, para siswa tersebut terlebih dahulu mengikuti seleksi internal yang diikuti ratusan siswa dan ketiganya terpilih mewakili MTsN Sumber Bungur.

“Karena berdasarkan hasil seleksi mereka memang yang dinilai layak, maka ketiga orang ini yang kami berangkatkan dan hasilnya memang sangat memuaskan bahkan membawa harus nama Pamekasan dan bangsa Indonesia di kancah internasional,” kata Kholis menjelaskan.

Sementara itu, berdasarkan catatan Antara, keberhasilan siswa MTsN Sumber Bungur di olimpiade matematika internasional kali ini bukan yang pertama kali.

Pada Februari 2018 sebanyak empat orang siswa di MTsN Model itu juga berhasil meraih “Award” di ajang Thailand International Mathematical Olympiade (TIMO) di Thailand.

Keempat siswa tersebut masing-masing Arbil Shofiyurrahman (bronze), Hazim A Arief Madani (bronze), Moh Samsul Arifin Bakri (silver) dan Wildan Hidayatullah (merit).

Kepala MTsN Sumber Bungur Kholis berharap, prestasi yang telah diraih siswa di MTs itu  bisa menjadi motivasi tersendiri bagi para wali murid, khususnya para siswa lain. Apalagi selama ini lembaga yang dipimpinnya kerap menorehkan prestasi di berbagai ajang, baik regional maupun nasional.

“Prestasi ini penting kami sampaikan agar menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya,” ujar Kholis.

MTsN Sumber Bungur merupakan salah satu lembaga pendidikan di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur yang selama ini memang banyak menorehkan prestasi.

Bahkan pada tahun 2017, lembaga ini juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai lembaga pendidikan paling aktif mempromosikan Kabupaten Pamekasan melalui prestasi pada acara PWI Pamekasan Award 2017 yang digelar dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional.

Reporter: Sulaiman

Redaktur: Aryudi AR