Wabup Banyuwangi Apresiasi Grebeg Tumpeng Pekulo

MediaJatim.com, Banyuwangi – Wakil Bupati Banyuwangi Yusuf Wisyatmoko salut dengan prosesi grebeg tumpeng suro yang dilaksanakan serentak oleh warga Dusun Pekulo Desa Kepundungan Kecamatan Srono, Senin (10/09/2018).

Bahkan, dari kegiatan tahunan tersebut pihaknya sangat mengapresiasi dan menginginkan kegiatan yang diselenggarakan setiap jelang bulan suro dimalam tahun baru Hijriyah ini, kedepan makin meriah.

“Baru tahun ini grebek tumpeng pekulo masuk Agenda Banyuwangi Festival. Kami berharap tahun depan makin meriah,” terang Yusuf, usai membuka prosesi tersebut.

Untuk meningkatkan kegiatan itu, dia menyarankan supaya tradisi ini tahun depan tidak hanya digelar disatu dusun, karena Banyuwangi Festival harus betul – betul bisa mengakomodir banyak masyarakat.

“Kagiatan grebeg tumpeng di Pekulo tahun ini banyak peningkatan. Prosesinya bagus, kalau bisa tahun depan tidak hanya diagendakan disatu dusun supaya makin meriah,” harapnya.

Andre Subandrio ketua penyelenggara kegiatan mengatakan, grebeg tumpeng di Dusun Pekulo sudah digelar masyarakat ke tujuh kalinya. Penyelenggaraan kali ini masuk dalam agenda Banyuwangi Festival.

“Tujuan prosesi ini digelar sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Pekulo atas hasil bumi yang melimpah sekaligus untuk selamatan dusun, supaya warga terhindar dari segala mara bahaya. Alhamdulillah pelaksanaannya berjalan lancar,” pungkas Andre.

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *