Harapan di Balik Gerakan Global WCD Pantai Talang Siring

MediaJatim.com, Pamekasan – Ratusan Relawan Pecinta Lingkungan dari berbagai daerah di Madura memadati lokasi wisata Pantai Talang Siring, Pamekasan, Jawa Timur, Sabtu (15/09), dalam rangka melakukan Gerakan Global World Cleanup Day (WCD).

Gerakan dilakukan dengan mengumpulkan sampah yang berserakan di Pantai Talang Siring dan sekitarnya. Aksi bersih-bersih sampah ini serentak dilaksanakan di 46 titik dengan melibatkan sekitar 13 juta orang di seluruh Indonesia.

Yoyok selaku Panitia Pelaksana menuturkan, adanya aksi ini diharapkan mampu mengikis stigma orang Madura suka nyampah dan tidak peduli lingkungan.

“Alhamdulillah, gerakan bersih-bersih sampah berjalan lancar. Mudah-mudahan kegiatan serupa di tempat-tempat yang lain dapat berkelanjutan. Sehingga anggapan orang Madura suka nyampah bisa terkikis,” jelasnya.

Yoyok juga mengungkapkan, di hari yang sama bergerak 350 juta orang di seluruh dunia sebagai bentuk keprihatinan terhadap keberadaan sampah yang kian memprihatinkan, termasuk sampah plastik.

“Gerakan ini dilakukan juga di 144 ¬†negara di seluruh dunia,” tukasnya.

Salah satu relawan yang mewakili mahasiswa IAIN Madura, Bahrul Rosi mengatakan, merasa beruntung sekali menjadi bagian di aksi sosial yang seharusnya dilakukan lebih rutin ini.

“Sangat beruntung bisa ikut andil menjadi bagian di aksi ini. Mari ini jadikan budaya, sehingga lingkungan di sekitar kita menjadi bersih, indah dan sehat,” ujar mahasiswa semester 5 prodi KPI IAIN Madura tersebut.

Ia pun bersyukur Pantai Talang Siring menjadi pilihan titik aksi, lantaran menurutnya, kebersihan pantai yang selama ini dikenal dengan salah satu destinasi wisata di Pamekasan ini sepertinya kurang mendapatkan perhatian.

“Saya bersyukur pantai ini (Pantai Talang Siring.red) dipilih sebagai lokasi aksi. Semoga ini menjadi awal yang baik dan menjadi atensi untuk pemerintah daerah dan pengunjung, agar lebih menjaga keindahan dan kebersihan pantai” pungkasnya.

Reporter: Sulaiman

Redaktur: Aryudi AR