Bawaslu Gelar Senam Awas Pemilu di Arek Lancor

Media Jatim

MediaJatim.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menggelar Senam Awas Pemilu Bermartabat 2019 digelar di area Monumen Arek Lancor, Pamekasan, Jawa Timur, Minggu (23/9/2018) dan diikuti oleh perwakilan partai politik peserta pemilu 2019 di wilayah itu.

“Senam Awas ini sebagai salah satu media yang kami gunakan untuk mengkampanyekan pelaksanaan pemilu 2019 agar berlangsung jujur, transparan dan bermartabat,” kata Ketua Bawaslu Pamekasan Abdullah Saidi.

Senam massal yang juga mengundang Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Pemkab Pamekasan dan para anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 13 kecamatan di Kabupaten Pamekasan bertema “Kalah Terhormat, Menang Bermartabat”.

Sebelum senam, terlebih dahulu digelar penandatanganan bersama antara Bawaslu, Forpimda dan perwakilan pengurus partai politik peserta pemilu 2019.

Baca Juga:  Nilai Cacat Hukum, Forkompac PPP Jember Kukuh Tolak Hasil Muscab

Ketua Bawaslu Pamekasan selanjutnya melepaskan balon berlambang semua partai politik peserta pemilu 2019 secara simbolis disaksikan Kapolres AKBP Teguh Wibowo, Dandim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto, Ketua KPU Pamekasan Moh Hamzah dan perwakilan pengurus partai politik di Pamekasan.

Ia juga mengajak semua elemen masyarakat ikut berperan aktif melakukan pengawasan agar pemilu bisa berlangsung jujur, bermartabat dan damokratis.

“Semua tahapan harus kita awasi bersama, demi terselenggaranya pemilu yang baik kedepan,” katanya, menjelaskan.

Menurut dia, saat ini tahapan pemilu 2019 telah memasuki masa kampanye dan akan berakhir hingga 12 April 2019.

Baca Juga:  DPW Partai UKM Jawa Timur Gelar Launching Inisiator Secara Virtual Bersama PKL dan Pelaku UMKM

Ketua Bawaslu Abdullah Saidi dalam kesempatan itu juga menyinggung dua kategori “golput” yang perlu diwaspadai, yakni pertama, golongan putih atau tidak mau menggunakan hak pilihnya.

“Kedua golongan pencari uang tunai. Yakni pemilih yang hanya berorientasi pada uang,” katanya, menjelaskan.

Oleh karenanya, sambung dia, institusi pengawas pemilu berkepentingan agar pelaksanaan pesta demokrasi 2019 nanti bisa berlangsung sesuai harapan, yakni bebas politik uang, berlangsung jujur, adil dan demokratis.

Kapolres Pamekasan AKBP Teguh Wibowo mengapresiasi kegiatan yang digelar Bawaslu Pamekasan itu dan ia mengajak semua elemen masyarakat mendukung kegiatan itu.

Reporter: Sulaiman

Redaktur: Aryudi AR