Hilangkan Trauma, KJS Ajak Anak Korban Bencana Sulteng Bermain

MediaJatim, Sumenep – Komunitas Jurnalis Sumenep (KJS) memberikan sejumlah mainan bagi anak-anak korban gempa bumi dan tsunami Sulawesi Selatan (Sulteng) yang sekarang berada di Rumah Perlindungan Sosial Kabupaten Sumenep, Senin (8/10).

Langkah tersebut sebagai upaya mengurangi rasa trauma pasca musibah dan menghilangkan kejenuhan selama berada di penampungan.

Selain memberikan sejumlah mainan maupun makanan ringan, para jurnalis juga mengajak mereka bermain sepakbola di area Rumah Perlindungan Sosial.

“Ini spontanitas dari rekan-rekan jurnalis. Setelah liputan kita berinisiatif memberikan mereka mainan dan ada juga yang bermain sepakbola,” kata Abd. Rahman wartawan TV nasional, Senin (8/10).

Meski bermain bersama anak-anak korban bencana alam dengan waktu yang tidak terlalu lama, namun upaya ini setidaknya bisa membantu menghilangkan rasa trauma mereka.

“Kita bermain saja. Bagaimana caranya mereka bisa senang dan ketawa. Pemerintah Daerah juga berupaya yang sama kita hanya membantu saja,” paparnya usai bermain dengan anak-anak korban bencana alam.

Untuk diketahui, korban bencana alam gempa bumi dan tsunami di Sulteng yang tiba di Kabupaten Sumenep hari ini sebanyak 41 orang, mereka merupakan perantau asal Desa Tonduk, Kecamatan Raas.

Dari 41 korban, sebanyak 11 orang masih usia anak-anak dan 30 orang dewasa. Seluruhnya masih menunggu jadwal pemberangkatan menuju kampung halamannya.

Reporter: Holis

Redaktur: Sulaiman