Peduli Palu, Aktivis Mahasiswa Sidoarjo Bersatu Ngamen Kemanusiaan

MediaJatim.com, Sidoarjo – Gempa Bumi dan Tsunami yang terjadi di Pulau Sulawesi Tengah membuat mata dunia tertuju pada bencana tersebut. Dengan kekuatan 7,4 SR di Palu, Donggala Sulawesi Tengah membuat wilayah tersebut membutuhkan uluran tangan masyarakat Indonesia.

Salah satunya datang dari Sidoarjo, di mana para Aktivis Mahasiswa Se Sidoarjo yang mengatas namakan solidaritas mahasiswa Sidoarjo atau yang disebut SOMASI,  Aliansi Bem Sidoarjo (ABS) melakukan aksi penggalangan dana dengan Ngamen Kemanusiaan untuk membantu saudara-saudara kita di Sulawesi Tengah yang sampai Sejauh ini, korban tewas paling banyak ditemukan di Palu yang mencapai 1.601 orang. Sementara di Donggala 171 orang dan Sigi 222 orang. Sedangkan korban hilang hingga kini mencapai 671 orang.

Kebutuhan darurat yang diperlukan seperti makanan, pakaian, obat-obatan, air bersih, listrik darurat dan tenda pengungsi pun meningkat dan sangat krusial mengingat kehancuran masif dan jangkauan dampak bencana yang sangat luas.

“Kami bersama seluruh organisasi mahasiswa Ekstra dan Intra kampus yang ada di Sidoarjo  ikut peduli dengan aksi ngamen Kemanusiaan penggalangan dana ini,” kata Abdi Nur Chakim selaku ketua cabang IMM saat ditemui di sela penggalangan dana Alun-alun Sidoarjo, kamis (11/10).

“Aliansi ini sendiri terdiri dari pengurus BEM berbagai perguruan tinggi di sidoarjo dan berbagai organisasi seperti PMII , GMNI ,IMM , GMNI, PMKRI,” tambah Chakim.

Chakim menambahkan, lebih dari 80 mahasiswa turun serta pada aksi ini, dengan 2 titik penggalangan dana yang tersebar di Pertigaan Kecamatan Candi Sidoarjo dan Alun-Alun Kabupaten Sidoarjo.

“Terkumpul dana sejumlah Rp. 53.576.000,- yang kami kumpulkan secara bersama dari berbagai organisasi melalui aksi galang dana di jalanan, sampai masuk di kelas-kelas pada setiap kampus yang selanjutnya akan disalurkan lewat BPBD Kabupaten Sidoarjo. Lewat aksi ini, kami mewakili mahasiswa di sidoarjo berharap bisa turut membantu meringankan beban saudara kita di Sulawesi Tengah,” ungkapnya

Aktivis PMII Sidoarjo Zakaria Dimas ketika dikonfirmasi menyampaikan bahwa penggalangan dana ini untuk menumbuhkan rasa solidaritas kita bersama dan peduli sesama khususnya korban bencana di Palu dan Donggala.

“Saya berharap aksi penggalagan ini juga menjadi wadah dan ruang para aktivis mahasiswa se- Sidoarjo dalam menumbuhkan rasa solidaritas dan kepedulian  kepada saudara yang membutuhkan,  korban gempa dan Tsunami di Palu dan Donggala Sulawesi Tengah,  mari bersama-sama kita Berikan dukungan terbaik kita dengan ikhtiar dan doa tertulus untuk ringankan duka saudara sebangsa yang tengah dilanda bencana, karena luka mereka adalah luka kita bersama,” pungkasnya.

Reporter: Zul

Redaktur: Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *