Sudah di 22 Propinsi Barisan Pembaharuan Bergerak Menangkan Jokowi-Ma’ruf

Syafrudin Budiman SIP Ketua Umum Presidium Pusat Barisan Pembaharuan bersama Abd Azis Salim Syabibi Dewan Pembina Presidium Pusat Barisan Pembaharuan di Garden Hotel Surabaya, beberapa waktu lalu.

MediaJatim.com, Jakarta – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Barisan Pembaharuan sudah terbentuknya 22  Presidium Wilayah (PW) Propinsi se Indonesia. Ormas berideologi Pancasila dan Indonesia Berperadaban ini akan bergerak cepat mendukung pemenangan capres-cawapres Joko Widodo dan KH. Makruf Amin.

Hal ini disampaikan Syafrudin Budiman SIP Ketua Umum Presidium Pusat Barisan Pembaharuan (PP BP) melalui rilisnya, Senin (15/10). Katanya, saat ini Barisan Pembaharuan sudah terdaftar sebagai Relawan Tim Kampanye Nasional (Timkanas) Jokowi – KH. Makruf Amin.

“Saat ini kami sudah terbentuk 22 Pimpinan Wilayah Barisan Pembaharuan (PW BP), baik yang sudah definitif maupun kepengurusan cartaker,” terang Syafrudin Budiman yang biasa disapa Gus Din ini.

Menurutnya, Barisan Pembaharuan adalah organisasi himpunan para politisi, akademisi, aktivis muda, mahasiswa, praktisi, agamawan dan jurnalis. Katanya, semuanya berhimpun sebagai intelektual organik untuk mencerakan nilai-nilai kebangsaan mulai luntur dari keberadaban Indonesia.

“Kajian dan diskursus politik kami selalu bicara, anti abuse of power, anti korupsi, toleransi dan keberagamaan, demokratisasi dan civil society. Kami mendukung Jokowi-Makruf dari telaah kritik konstruktif,” jelas Gus Din yang juga Politisi Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Jaringan Barisan Pembaharuan kata Gus Din, berbasis di Pulau Jawa dan sudah menyebar ke Iramasuka (Irian/Papua, Maluku, Sulawesi dan Kalimantan).

“Untuk pembentukan Sulawesi dan Kalimantan dibantu Pendeta Janes Pelealu. Maluku dan Papua dibantu Ustad Abdullah,” terangnya.

Gus Din juga mengatakan, Barisan Pembaharuan juga tergabung di Aliansi Relawan Jokowi (ARJ) wadah persatuan Relawan Jokowi-Makruf tingkat Nasional. Selain itu bekerjasama dengan For Jokowi (Forum Relawan Jokowi) dalam rangka kerja taktis dan strategis untuk kemenangan Jokowi-Makruf pada Pilpres 2019.

“Barisan Pembaharuan juga dibentuk bukan hanya saat Pilpres tetapi dibentuk demi pembangunan politik Indonesia yang berperadaban,” pungkas mantan Aktivis dan Ketua Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (DPP IMM) periode 2006-2008 ini.

Presidium Wilayah Barisan Pembaharuan (PW BP) yang sudah terbentuk:

  1. Jawa Timur

  2. Jawa Barat

  3. Jawa Tengah

  4. DKI Jakarta

  5. Bali

  6. Kalimantan Timur

  7. Kalimantan Selatan

  8. Kalimantan Barat

  9. Kalimantan Tengah

  10. Kalimantan Utara

  11. Maluku

  12. Maluku Utara

  13. Papua

  14. Papua Barat

  15. Nusa Tenggara Barat

  16. Sulawesi Selatan

  17. Sulawesi Tengah

  18. Sulawesi Utara

  19. Sulawesi Tenggara

  20. Sulawesi Barat

  21. Gorontalo

  22. Sumatera Utara

 

Reporter: Sulaiman

Redaktur: Aryudi AR