oleh

Irmaniah Ajak 500 Santri Glenmore Membatik

MediaJatim.com, Banyuwangi – Sebagai bentuk pelestarian budaya di hari Santri Nasional Tahun 2018, Hj. Irmaniah SE mengajak santri membatik, Senin (22/10).

Kegiatan yang dipusatkan di Ruang Taman Hijau (RTH) Desa Karangharjo, menurut desainer ternama sekaligus pemilik Irma Lumiga Garment tersebut, di ikuti sekitar 500 santri pondok pesantren se – Kecamatan Glenmore.

“Tujuan kegiatan ini untuk memperkenalkan batik kepada para santri. Karena batik merupakan warisan kekayaan nasional yang harus terus dilestarikan,” terang Irmaniah, ke sejumlah media.

Dia menambahkan, kegiatan ini diharapakan bisa menumbuhkan jiwa terlatih para santri, sehingga melahirkan generasi bisnis untuk upaya membantu penumbuhkan ekonomi di Banyuwangi.

“Melalui batik, harapannya bisa mensejetrahkan masyarakat kususunya para santri,” terang Irmaniah.

Hasil karya batik peserta santri dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) mulai dari proses menggambar motive batik, pecantingan sampai proses pewarnaan, menurutnya sangatlah bagus dan layak ditingkatkan.

“Hasilnya bagus untuk pemula. Jika dikembangkan, akan berdampak positif kepada pelakunya,” jelas Irmaniah.

Bukan hanya itu saja, hasil karya seluruh peserta batik ini nantinya akan diberikan penghargaan berupa piagam sebagai bentuk apresiasi. Karena hasil batik mulai dari motif gajah oling, moto pitik dan belarak semplak yang dihasilkan seluruh peserta, sangat bagus dan berkarakter.

“Seluruh alat dan bahan kami yang menyediakan. Nanti semua peserta, akan mendapatkan piagam dari saya,” pungkas pengusaha sukses, yang kini mencalonkan diri sebagai calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia Dapil 3 Jawa Timur nomor urut 3 Partai Nasdem, tersebut.

 

Reportet : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman