PKW Membatik, Program Lanjutan PKBM Miftahul Ulum Tahun 2018

Media Jatim

MediaJatim.com, Pamekasan – Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Miftahul Ulum, Desa Kertagena Tengah, Kadur, Pamekasan mengadakan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW ), yang dibuka pada Sabtu (27/10) di Aula SMA Islam Miftahul Ulum.

Hadir langsung Kepala Bidang Pendidikan Anak Usian Dini, Nonformal dan Informal (PAUDNI), Dr. Sujud, M.Si, didampingi Abd. Razak, Kepala Seksi Pendidikan Masyarakat (Kasi Dikmas) dan Chairijah selaku Penilik Pendidikan Luar Sekolah (PLS) beserta seluruh peserta dan panitia kegiatan.

Kali ini, membatik menjadi kegiatan lanjutan pada program PKW tahun 2018. Ketua PKBM Miftahul Ulum Dr. Jam’an menegaskan, batik menjadi usaha yang sangat populer saat ini, sehingga sangat tepat jika masyarakat diberikan pelatihan membatik.

“Banyak masyarakat yang mempunyai keterampilan namun belum tersentuh oleh para pegiat pendidikan. Sehingga, kali ini kami memberikan mereka pelatihan, yaitu membatik agar bakatnya bisa di kembangkan dan bisa membangun usaha di desa kita ini, Desa Kertagena Tengah yang sampai saat ini belum satu pun ada kegiatan dan usaha membatik,” tutur Jam’an.

Baca Juga:  SRPB Jatim Ikut Pertemuan BPBD Jawa Timur Bersama Kedubes Australia

Di lain pihak, Kabid PAUNI Sujud memberikan motivasi kepada peserta yang hadir agar kesempatan itu digunakan semaksimal mungkin. Karena saat ini, kata Sujud, belum tentu ada yang memberikan pelatihan gratis tentang membatik kepada masyarakat.

“Kegiatan ini semata-mata ingin menjadikan masyarakat mempunyai usaha mandiri yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat, sehingga kesempatan ini bisa di ambil sebagai peluang besar untuk membangun usaha yang belum ada di desa ini,” terang Sujud.

Harapannya, kegiatan tersebut bisa sukses dan bisa mencetak masyarakat yang berjiwa wirausahan, kreatif dan edukatif.

Baca Juga:  Selama Bulan Januari Polresta Sidoarjo Tangkap 40 Tersangka Pengedar Narkoba

“Tentu ini tidak akan berhasil jika tidak ada semangat yang tinggi dari seluruh pesera pelatihan,” tegas bapak yang murah senyum dan dipanggil Suyud tersebut.

Chairijah, juga menitipkan pesan kepada seluruh peserta agar mengikuti kegiatan ini sampai tuntas.

“Jangan asal datang dan setengah-setengah, harus serius ingin belajar. Tidak ada pekerjaan yang langsung jadi, tetap butuh proses. Jadi proses itulah yang harus dijalani dengan sungguh-sungguh dari hati,” tekan Pinilik PLS tersebut.

Kegiatan PKW kali ini diikuti oleh 20 orang peserta yang akan belajar membatik bersama tutor PKBM Miftahul Ulum yang ditempatkan di halaman SMA Islam Miftahul Ulum.

Reporter: Imam Syafi’i

Redaktur: A6