Pemuda Gintangan Ini Berikan Pelatihan UMKM Gratis

MediaJatim.com, Banyuwangi – Agar trampil dan mampu berwirausaha secara mandiri dibidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Burhanuddin (30) pemuda Dusun Kedung Baru Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari berikan pelatihan cara membuat alat dapur ke masyarakat wilayah Kecamatan Kalipuro. Pelatihan yang digelar selama empat hari ini digelar di Desa Secang, diikuti 40 peserta wilayah setempat.

Jenis pembuatan alat dapur yang diajarkan, menurut Burhanuddin ada beberapa jenis, antara lain dandang kukusan, sublukan, cetakan tumpeng dan loyang atau lengser kue. Seluruh alat dapur ini dibuat dari bahan dasar alumunium, cara pembuatannya masih dilakukan dengan peralatan manual seperti tang, martil dan media kayu.

Terkait market atau pemasarannya menurutnya akan dijual ke pasar – pasar tradisional yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Banyuwangi. Cara lain, juga akan dipromosikan secara online melalui media sosial. Karena cara ini sangat jitu untuk ajang promosi sekaligus pemasaran produksi alat dapur tersebut.

“Pelatihan ini kami gelar sejak 26 Oktober 2018. Alhamdulillah para peserta sangat antusias. Hasilnya sangat maksimal. Layak untuk dipromosikan,” terang Burhanuddin, (30/10).

Dia menambahkan, pelatihan ini digelar bekerjasama dengan Diaperindag Kabupaten Banyuwangi. Dalam hal ini, para peserta tidak dipungut baiaya, alias gratis.

“Gratis tis mas,” pungkas pemuda trampil tersebut.

Dari pelatihan yang digelar, Adi Suprapto (27) salah satu peserta berharap pelatihan ini nantinya ada tindak lanjut pendampingan dari dinas terkait, supaya para peserta bisa benar – benar mampu memproduksi secara mandiri.

“Itu harapan kami,” harap Adi Suprapto.

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman