Manfaat Berpura-pura

Kemarin, di kedai HK Sumenep, saya bertemu seorang kawan. Dari diskusi yang singkat saat menunggu TGB atau Tuan Guru Bajang, catatan ini dirasa menarik untuk ditulis.

Awalnya, kami bersalaman dan saling berbagi senyum. Dengan segera, saya bertanya soal hobbynya membuat desain/ logo, yang bahkan karyanya sudah go internasional.

Saat menjawab, dia merendah sembari menyisipkan ucapan yang terdengar nyeleneh: awalnya (hobby) ini aku lalukan dengan berpura-pura, ujarnya sambil menyunggingkan senyum. Saya terkejut. Tidak segera paham. Lalu kawan saya ini melanjutkan: dulu saya pura-pura mengaku desainer, untuk memotivasi diri. Alhamdulillah sekarang keterusan.

Menurutnya, pasti ada manfaat positif dari usaha seseorang yang berpura-pura dalam hal yang positif pula. Misalnya hobby desain, maka berpura-puralah kita ahli di bidang itu. Maka kemungkinan berhasil dan sukses akan lebih terbuka.

Setelah berkali-kali dia memberi contoh, bahwa manfaat berpura-pura itu tidak selalu negatif, ia pun menyisipkan beberapa catatan.

Berpura-pura, menurut sahabat saya ini, harus disikapi dengan bijaksana. Saat seseorang memberanikan diri berpura-pura ahli meskipun sebenarnya hanya untuk menyemangati diri sendiri, semestinya, tidak menjatuhkan seseorang itu pada kesombongan.

Kepura-puraan yang dilakukannya, tidak boleh diniatkan untuk jumawa. Kepura-puraan itu, cukuplah menjadi penyemangat positif yang kelak menjadi bukti bahwa seseorang yang pura-pura ahli itu, benar-benar ahli.

Kawan saya juga menggaris bawahi, manfaat berpura-pura jadi bernilai positif, kala tidak merugikan orang lain. Ketika kita berpura-pura baik untuk niat jahat, atau pun sebaliknya, ini lain soal.

Berkali-kali kawan saya memberi penglurusan maksud ucapannya. Mungkin dia khawatir saya salah tafsir. Dia merasa punya tanggung jawab untuk memberi penjelasan.

Seusai ia menjelaskan, saya mulai paham apa yang dimaksud dengan manfaat berpura-pura. Saya pun baru menyadari bahwa ada juga manfaat dari usaha seseorang saat berpura-pura. Sekali lagi, berpura-pura dalam hal dan tujuan positif.

Sumenep, 09 Nopember 2019

 

Penulis: Nur Khalis

Desa Gapura Tengah
Kec. Gapura Kab. Sumenep

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *