Warga Empat Desa Demo Kantor PT Garam

MediaJatim.com, Sumenep – Puluhan warga perwakilan dari empat desa di Kecamatan Gapura, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melalukan demo ke kantor Pegaraman IV Gersik Putih, Jumat (30/11).

Aksi demo yang mendapat pengawalan ketat dari kepolisian ini, berasal dari warga Desa Gersik Putih, Desa Gapura Barat, Desa Gapura Tengah dan Desa Palo’loan.

“Aksi ini merupakan keluh kesah masyarakat terkait proyek di bawah naugan PT. Garam,” ujar Rofiki, salah satu koordinator aksi.

Rofiki menambahkan, aksi ini juga mempertanyakan dampak sosial dan lingkungan dari proyek yang digarap PT. Garam di daerah setempat.

“Sejauh ini tidak pernah ada sosialisasi. Baik dari pihak PT. Garam maupun kontraktor terkait dampak lingkungan dan dampak sosial dari proyek yang sedang dikerjakan,” lanjut warga desa Gersik Putih ini.

Di samping itu, warga juga menuntut pihak perusahaan agar bertanggung jawab atas kerusakan jalan yang ditimbulkan akibat lalu-lalang truk yang mengangkut material proyek.

“Informasinya memang sudah ada perjanjian, bahwa akan diperbaiki kalau jalan yang menuju ke lokasi rusak. Kenyataannya, sekarang jalannya sudah rusak. Cuma belum diperbaiki. Bagaimana dengan perjanjian itu? Makanya kami ke sini minta agar PT. Garam memperbaiki,” tambahnya.

Sementara itu, perwakilan dari pihak PT. Garam yang menemui massa aksi, Sugiatno menjelaskan, bahwa persoalan jalan sebagaimana tuntutan warga sudah menjadi agenda PT. Garam untuk diperbaiki. Namun belum terealisasi karena masih ada pekerjaan proyek yang bersifat investasi.

“Jadi sebenarnya sudah ada kesepakatan antara kontraktor dengan pihak Muspika, yang di sana ada dari pihak desa, terkait cara perbaikannya. Cuma proyek ini belum selesai,” jelasnya

Reporter: Holis

Redaktur: Sulaiman