oleh

Menanamkan Cita-cita di Usia Dini

MediaJatim.com, Bangkalan – Melalui Kelas Inspirasi, Kolompok kuliah kerja nyata (KKN) 36 Universitas Trunojoyo Madura (UTM) turut memberikan sumbangsih terhadap perbaikan pendidikan di Madura.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kramat, Kecamatan/Kabupaten Bangkalan tersebut, melibatkan tiga sekolah dalam merealisasikan programnya, yaitu UPTD TK Raudhatul Islamiyah, UPTD SDN Kramat 1, dan UPTD SDN Kramat 2.

Acara yang digelar mulai pukul 08.00 pagi sampai menginjak siang hari tersebut, dijalankan pada hari Sabtu selama tiga minggu secara bergantian tiap sekolah.

Bagi Nella, salah satu anggota kelompok KKN yang turut menyumbang ide di acara Kelas Inspirasi menjelaskan, lemahnya pemahaman tentang pentingnya pendidikan di Madura adalah kurangnya pematangan sejak dini.

“Saya melihat peranan guru penting untuk awal membangun cita-cita anak. Selanjutnya harus dimotivasi dan diberi pemahaman bahwa pendidikan adalah kuncinya,” tutur Nella, Senin (21/1/2019).

Dari pengalaman dan pengetahuan di bangku perkuliahan, para anggota KKN Kelompok 36 mengemas masalah menjadi tanggung jawab. Dengan semangat, mereka turun ke dusun-dusun memberi informasi ke orangtua anak, supaya ikut memberi dorongan mengikuti Kelas Inspirasi dan motivasi terkait pentingnya pendidikan.

Kepala UPTD SDN Kramat 2 Budi menjelaskan kepada Media Jatim, para mahasiswa UTM tersebut benar-benar memberi semangat baru bagi anak-anak.

“Tidak itu saja, anak-anak sewaktu istirahat jam pelajaran banyak yang bilang seru cara mengajarnya, apalagi mereka (kelompok KKN 36) mengunakan media yang menarik sebagai proses pembelajaran, jadi tidak bosan,” ungkap Budi.

Selain itu Yuslim selaku Kepala Seksi Pemerintahan Desa Kramat menambahkan, kegiatan tersebut baik untuk diteruskan, karena nantinya kemajuan Desa Kramat bahkan Madura bergantung ke mereka para anak-anak yang sekarang masih sekolah.

“Masyarakat sangat berterima kasih atas kehadiran teman-teman KKN UTM di desa kami. Mereka sangat diterima di sini, saya berharap program Kelas Inspirasi akan menjadi rutinan nantinya oleh setiap lembaga pendidikan di Desa Keramat,” tukas Yuslim.

Reporter: Shafif

Redaktur: A6

Komentar

1 comment

Comments are closed.