oleh

Diunggah Miring, Kades Gumirih Akan Lakukan Somasi

Mediajatim.com, Banyuwangi – Murai Ahmad Kepala Desa (Kades) Gumirih, Kecamatan Singojuruh terkait polemik pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang santer diinformasikan bermuatan politik, lantaran pelaksanaannya dihadiri salah satu ketua partai di Banyuwangi, membuatnya angkat bicara.

Kesejumlah media pihaknya menegaskan, dalam musyawarah penjaringan aspirasi masyarakat, Kamis (24/1) Pemerintah Desa Gumirih memang megundang beberapa anggota dewan dan beberapa tokoh partai. Dan dalam pelaksanaan Musrenbangdes tersebut menurutnya sama sekali tidak ada unsur kampanye.

‘Kita undang karena mereka wakil rakyat,” jelas Murai, Minggu (27/1).

Pihaknya mengundang hadirkan anggota dewan dan tokoh partai yang berada di Dapil 2, karena dalam penjaringan aspirasi tokoh – tokoh tersebut dihadirkan untuk mendengarkan secara langsung aspirasi masyarakat dalam rembuk rencana pembangunan Desa Gumirih, Tahun 2020.

“Jadi aspirasi masyarakat tak harus diajukan melalui esekutif saja. Legislatifnya juga harus tahu,” katanya.

Dia mengatakan, beberapa anggota dewan dari beberapa partai saat pelaksanaan memang tidak hadir, yang hadir hanya Ketua Partai Demokrat DPC Kabupaten Banyuwangi.

“Ya memang memberikan sambutan, karena saya undang. Itupun dalam sambutan yang diberikan hanya berdurasi 10 menit dan tidak ada unsur kampanye,” jelas Murai.

Dia menegaskan, dalam pelaksanaan Musrenbangdes di desanya pihaknya selalu menghadirkan anggota dewan dan tokoh politik Dapil 2.

“Ya pasti. Karena mereka wakil rakyat. Jadi bukan hanya kemarin saja kita hadirkan, Musrenbangdes tahun – tahun sebelumnya juga kita undang hadirkan kok,” urainya.

Disinggung soal polemik tersebut diunggah salah satu akun Facebook, Murai Ahmad mengaku merasa dirugikan. Yang lebih diherankannya lagi, sipengunggah foto sama sekali tidak berada di tempat saat pelaksaan Musrenbangdes.

Oleh sebab itu, dia berencana akan menyomasi yang bersangkutan, karena dinilai sudah mencemarkan nama baik desa dan masyarakat Desa Gumirih.

“Yang bersangkutan tidak di tempat dan sama sekali tidak melakukan klarifikasi. Kok bisanya menghakimi saya melalui Facebook. Pengunggah itu, akan saya somasi,” pungkas Murai.

Dikonfirmasi terpisah, Michael Edy Hariyanto SH Ketua Partai Demokrat DPC Kabupaten Banyuwangi ke sejumlah media Minggu (27/1) menegaskan, pihaknya hadir karena memenuhi undangan desa setempat sebagai ketua partai.

Sebelumnya, Michael sempat menanyakan ke pihak desa siapa saja yang diundang dalam Musrenbangdes di Gumirih. Mendengar pertanyaan itu menurut Michael, kades menjawab, yang diundang adalah tokoh politik dan anggota DPRD Banyuwangi, Dapil2.

“Saya diundang sebagai tokoh politik. Dalam sambutan itu, saya sama sekali tidak menyampaikan visi misi, apalagi mengajak masyarakat untuk mencoblos caleg tertentu. Saya datang hanya memenuhi undangan saja,” jelas Michael.

 

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman