oleh

Rakit Kardus Kotak Suara, KPU Temukan Kerusakan

MediaJatim.com, Sumenep – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Sumenep temukan kardus kotak suara yang rusak, saat mulai merakit puluhan ribu kardus kotak suara di gudang logistik pemilu 2019, Desa Pabian, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Kamis (14/2).

“Ada beberapa kardus kotak suara rusak memang,” tutur A. Warits, Ketua KPU Sumenep.

Kerusakannya, lanjut Warits, diantaranya karena mika yang sobek, hingga kardus kotak suara yang penyok dan tergores. Hingga saat ini, jumlah kardus kotak suara yang rusak masih terbilang sedikit.

“Yang rusak, hingga saat ini, belum sampai 10,” tambahnya.

Setiap hari, dua ribu hingga tiga ribu kardus kotak suara selesai di rakit. Sekitar 20 hingga 30 pekerja harian lepas, terlibat dalam perakitan yang dilakukan.

KPU Kabupaten Sumenep menargetkan, perakitan kardus kotak suara selesai dalam waktu tujuh hari ke depan. Selain lakukan perakitan, KPU juga melakukan inventarisir kardus kotak suara yang rusak.

Nantinya, KPU Kabupaten Sumenep akan menyampaikan jumlah kerusakan kardus kotak suara pada KPU Provinsi, untuk dilanjutkan kepada pihak ketiga, agar kardus kotak suara yang rusak bisa dipenuhi.

“Kami sekalian lakukan inventarisir, kotak suara yang rusak, kami ajukan ke KPU Provinsi. Nanti dilanjutkan ke rekanan, pihak ketiga, untuk dipenuhi,” tutupnya.

Reporter: Holis

Sulaiman: Sulaiman