MSFC DISPLAY WEB

Tak Ditemui Bupati, Peserta Demo Tambang Emas Tumpangpitu Disambut Anggota DPRD Banyuwangi

Media Jatim

MediaJatim.com, Banyuwangi – Aksi demo penolakan tambang emas Tumpangpitu Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran, kembali berlangsung di depan Kantor Bupati dan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banyuwangi Jawa Timur, Selasa (19/2).

Sembari membawa sepanduk bertuliskan penolakan tambang emas, para peserta demo juga berkeinginan Bupati Banyuwangi dapat menemui dan mendengar aspirasi warga yang datang berdemo dari Desa Sumberagung didampingi Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia.

“Dimana bupati, kami ingin bupati membatalkan IUP perusahaan tamabang emas di Tumpangpitu,” teriak Nur Aini, salah satu orator aksi tersebut.

Karena tak ditemui, kemudian para peserta melakukan Long March menuju Gedung DPRD Banyuwangi, menggelar aksi serupa. Di kantor wakil rakyat ini M. Basir, anggota DPRD dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan, bersedia menemui para peserta.

Baca Juga:  DPD Partai NasDem Pamekasan Salurkan APD Peduli Penanganan Covid-19

Dihadapan para pendemo, M. Basir memaparkan jika keberadaan tambang emas Tumpangpitu hingga kini tidak ada manfaatannya bagi masyarakat. Terkait administrasi perizinan kata M. Basir, tahap demi tahap tidak sesuai dengan amanat Peraturan Pemerindah (PP) dan Undang – Undang. Seperti lahan pengganti, tidak sesuai PP 10 Tahun 2010. Lahan pengganti seharusnya Clear And Clean.

Banner Iklan Media Jatim

“Namun lahan pengganti yang ada ternyata lahan negara yang telah dikelola masyarakat selama ratusan tahun. Seharusnya lahan pengganti Clear dan banding 1 dan 2,” papar M. Basir.

Selain itu dia juga menyoroti terkait kepemilikan saham rakyat Banyuwangi yang hingga kini juga belum ada kejelasan. Karena itu, pihaknya yang sejak awal sudah tidak sepakat dengan adanya tambang emas Tumpangpitu terus berusaha mencari dukungan beberapa fraksi yang ada, karena menurutnya Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPRD Banyuwangi yang beranggotakan empat orang, tidak bisa melangkah sendiri. Dia berinisiasi membentuk Pansus, minimal dibutuhkan dua fraksi.

Baca Juga:  В робот не возбраняется представлять Vulcan Deluxe казино бесплатно на официозном сайте игорный дом

“Kami terus berupaya agar bagaimana teman – teman fraksi lainnya bersedia gabung untuk membentuk Pansus,” pungkas M. Basir.

Aksi ini diakhiri doa bersama. Berlangsunnya aksi berjalan aman, berkat kesigapan aparat dalam mengamankan demo penolakan tambang emas tersebut.

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman