oleh

Kemenkominfo RI: Bupati Pamekasan Inovatif dan Enerjik

MediaJatim.com, Pamekasan – Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat dimanfaatkan dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Jawa Timur, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan cara melakukan kerja sama dengan Kementerian Informasi dan Komunikasi Republik Indonesia (Kemenkominfo RI), Pemkab meluncurkan program “UMKM Go Online” guna mendukung pemasaran produk usaha mikro, kecil dan menengah di kabupaten Pamekasan.

“Perkembangan teknologi sudah merambah ke berbagai lini kehidupan masyarakat. Hal ini disadari betul oleh Bupati Pamekasan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui UMKM Online. Peluncuran program ini langkah hebat dari Bupati Pamekasan yang sangat inovatif dan enerjik,” ujar Septriana Tangkary, Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, Rabu (27/02), di Pendopo Ronggosukowati Pamekasan.

“Namun tantangan ke depan lebih berat lagi, karena pemerintah harus memberikan dukungan kepada UMKM diantaranya melalui kebijakan, pelatihan pengembangan kapasitas SDM di bidang TIK, serta memfasilitasi pemasaran dan promosi berbasis digital agar dapat bersaing dan menjangkau seluruh daerah dan masyarakat luas,” tambahnya.

Ia berharap, adanya program UMKM Go Online ini dapat membantu Pengusaha UMKM dan Koperasi, serta masyarakat umum, agar mampu memanfaatkan Teknologi Informatika dan Komunikasi untuk mengoptimalkan komunikasi, penyediaan produk, pemasaran daring, distribusi, serta pengelolaan keuangan yang dapat diakses secara mudah oleh masyarakat global sehingga dapat memenuhi kebutuhan pokok serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Selain itu juga yang tidak kalah penting adalah untuk meningkatkan sinergitas antar komponen bangsa dalam meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan rakyat di era digital,” jelas Septriana Tangkary.

Untuk diketahui, dari jumlah tersebut sekitar 6,4 juta pelaku UMKM telah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya. Karenanya inovasi pemasaran dan distribusi UMKM, juga harus dikembangkan seiring dengan kemajuan teknologi digital.

Reporter: Sulaiman

Redaktur: A6