PBNU Tanam Ribuan Hektar Pajale

Media Jatim

MediaJatim.com, Jakarta – Jajaran Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mencanangkan kerja program peningkatan produksi pertanian komoditas padi, jagung, kedelai (Pajale) di Indonesia. Dalam program ini, PBNU bekerjasama dengan Kementrian Pertanian Republik Indonesia.

Witjaksono selaku inisiator sekaligus Ketua Pelaksana Program Nasional budidaya Pajale saat rapat konsolidasi nasional di Gedung Pusat PBNU evaluasi Pajale menjelaskan, kinerja tim budidaya jagung nasional di Tahun 2018 sangat memuaskan.

Berdasarkan data yang terkumpul hingga bulan Desember didapat capaian luasan tanam sebesar 121.406 hektar tersebar di berbagai wilayah Indinesia.

Diantaranya Bengkulu Selatan, Lampung, Ponorogo, Kalimantan Timur dan Nusa Tenggara Barat. Menurutnya, pencapaian Ini melebihi dari jumlah yang ditargetkan oleh Menteri Pertanian, sebesar 100 ribu hektar.

Baca Juga:  Bacabup INB Yakin 99% Dapat Rekom DPP Partai Demokrat di Pilkada Pacitan 2020

“Saya sangat bangga dengan kinerja teman – teman di pusat dan daerah, bergotong royong dan bekerja ikhlas untuk mewujudkan cita – cita bangsa mandiri pangan dan kemashlahatan umat,” jelas tokoh muda NU tersebut.

Sementara itu, Ketua Bidang Ekonomi PBNU KH. Umar Syah HS mengatakan, tim Nahdatul Ulama dari pusat hingga daerah mampu bekerja sama dan semua bersatu padu untuk ikut mensukseskan program tersebut.

“Program PBNU bisa diklaim menjadi yang terbaik selama bekerja sama dengan kementrian pertanian,” terang KH. Umar Syah HS.

Baca Juga:  Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Gubernur Khofifah Hadiri Dies Natalis ke-37 Unija Madura

Rapat Konsolidasi Nasional ini dihadiri juga oleh Sekjend PBNU dan Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siradj. Dalam sambutannya, Ketua umum PBNU mengapresiasi kinerja tim dan meminta agar program ini dilanjutkan dan ditingkatkan lagi.

“Program Tanam Jagung Nasional ini adalah program keumatan yang secara riil bisa ikut mensejahterakan petani, yang mana mayoritas petani adalah orang Nahdiyin,” jelas Ketua PBNU.

Rapat di tutup dengan perencanaan tim yang mana pada tahun 2019 ini, program budidaya jagung akan di tingkatkan menjadi 200 ribu hektar ke seluruh Indonesia, ditambah dengan budidaya padi.

Reporter : Yudi Irawan

Redaktur : Sulaiman