oleh

Saksi: Panwascam dan PPK Kadur Sportif

MediaJatim.com, Pamekasan – Para saksi mengaku puas dengan kinerja PPK dan Panwascam Kadur, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Pasalnya, keduanya sportif selama menjalani rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2019, Jumat-Rabu (19-24/4/1019).

“Kinerjanya sangat bagus. Selama proses rapat pleno terbuka selama seminggu, kami tidak mendapati gelagat ketidaknetralan. Kami berkesimpulan dan yakin PPK dan Panwascam Kadur sportif karena betul-betul amanah dan netral,” terang Jailani, saksi dari PKB.

Hal senada disampaikan Satrawi selaku saksi dari Perindo. Semula pihaknya mengaku khawatir suara caleg dan partainya berkurang. Itu mengingat Perindo merupakan salah satu partai politik yang berpotensi tidak punya kursi di Senayan.

“Tapi betul-betul sportif. Sebiji pun suara caleg dan partai kami tidak hilang,” terang Satrawi yang diamini Jamal selaku saksi Partai Hanura.

Menurut Satrawi, netralitas pengawas dan penyelenggara Pemilu 2019 di Kecamatan Kadur sudah dirasakannya di awal-awal rapat pleno. Hal itu berlanjut hingga tuntas perekapan di kecamatan.

“Para saksi diberi keleluasaan turut mencermati dan melakukan kontrol. Meski saksi beda partai atau beda saksi caleg, tetap diperbolehkan turut mengoreksi hasil rekapitulasi caleg lainnya. Ini sangat menunjang pada lahirnya data yang benar-benar valid,” ungkap Satrawi.

Sulaiman selaku saksi Gerindra juga mengaku puas dengan kinerja PPK. Termasuk peran aktif Panwascam dalam mengawasi dan mengontrol kebalenan perolehan suara yang juga dikontrol melalui aplikasi agrigator di laptop.

“Insya Allah kalau kinerja pengawas dan penyelenggara seperti Panwascam dan PPK Kadur, demokrasi di Indonesia bisa bersih dan tegak dengan baik,” tegas Sulaiman.

Reporter: Imam Syafi’i

Redaktur: A6