oleh

Sebelum Libur Ramadhan, Santri As-Syahidul Kabir Gelar Istighosah

MediaJatim.com, Pamekasan – Sebelum liburan Ramadhan, santri Pondok Pesantren (Ponpes) As-Syahidul Kabir Sumber Batu, Blumbungan, Larangan, Pamekasan menggelar istighosah bersama di Maqbaroh Al-Marhumin wal Malhurmat Pendiri Ponpes As-Syahidul Kabir, Rabu (01/05/2019) pagi.

Istighosah yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB ini memang sudah menjadi kewajiban para santri sebelum sowan kepada pengasuh untuk pamitan pulang.

Terlihat, Ustadz Shohibul Mimfar (22) yang memimpin istighosah, kemudian dilanjutkan pembacaan tahlil oleh Ustadz Moh. Kholif (21) dan ditutup dengan pembacaan doa oleh Ustadz Homaidi (22).

Bendahara Ponpes As-Asyahidul Kabir Ahmad Hamidi membeberkan, tujuan diadakannya istighosah ini guna mengharap keselamatan semua santri dan keluarga serta kerabat-kerabatnya.

Baca Juga:  Tarif Listrik Mahal, Warga Pamekasan Mengeluh

“Ini dilakukan untuk keselamatan para santri dan keluarganya yang ada di rumah,” jelas Dewan Asatidz di Ponpes tersebut.

Selain itu, Ahmad Hamidi menambahkan istighosah ini dilaksanakan untuk mengenang dan mendoakan para muassis yang telah berjuang menyebarkan pengetahuan agama pada umat Islam terlebih kepada para santri As-Syahidul Kabir.

“Kami mengharap barokah dari para muassis, semoga ilmu yang kami peroleh akan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi keluarga, masyarakat, agama, bangsa dan negara,” imbuhnya.

Sementara itu, Ahmad Syauqi selaku santri ponpes As-Syahidul Kabir mengungkapkan, semua santri pasti merasa bahagia karena kurang lebih sekitar 6 bulan tidak pulang.

Baca Juga:  Warga Doa Balak Tolak Tambak Garam Investor

“Dari liburan bulan Maulid lalu sekitar setengah tahun santri tidak pulang, jadi rindu pada keluarga pasti ada,” ujar pria yang akrab dipanggil Syauqi itu.

Syauqi menambahkan, semoga santri setelah tiba di rumahnya nanti akan tetap menjaga budi pekerti dan nama baik Pondok Pesantren.

“Karena kalau salah satu santri As-Syahidul Kabir memiliki akhlaq tidak terpuji maka yang kena itu Almamater,” tukasnya.

Reporter: Kholisin

Redaktur: Sulaiman