oleh

Tajamkan Pengetahuan Hukum, HMJ HKI IAIN Madura Kunjungi Mahkamah Agung RI

MediaJatim.com, Jakarta – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan tetang hukum, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Keluarga Islam (HKI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura mengunjungi Mahkamah Agung (MA) Republik Indonesia di Jakarta Pusat, Jumat (03/05/2019).

Agenda Legal Studies yang mengangkat tema “Strategi Pengembangan Dan Peningkatan Kemahiran Hukum” ini didampingi oleh Abdul Jalil selaku Ketua Jurusan HKI, Ketua HMJ HKI Moh. Salman Alfarisi, dan panitia pelaksana Akhmad Faizul Hadi.

Abdul Jalil mengatakan, tujuan kunjungan ini untuk membangkitkan semangat baru mahasiswa HKI dalam bidang hukum dan mengembangkan intelektualitas, serta mengenal lebih dekat Mahkamah Agung sebagai lembaga kekuasaan kehakiman tertinggi di Indonesia.

“Datangnya kami kesini juga ingin mengenalkan fungsi Peradilan Agama di bawah naungan Mahkamah Agung ini, dan ingin melihat secara langsung sistem kerja di Mahkamah Agung,” jelasnya.

Ia menambahkan, setelah diselenggarakannya legal studies ini mahasiswa HKI bisa lebih meningkatkan potensinya dalam bidang hukum.

“Harapan saya mahasiswa HKI dapat meningkatkan kopetensinya sebagai calon sarjana hukum yang munguasai bidang hukum keluarga islam dan hukum positif,” harap Dosen yang akrab dipanggil Jalil tersebut.

Senada, Ketua Umum HMJ HKI, Moh. Salman Alfarisi mengungkapkan, selain untuk menjalin silaturrahmi, agenda ini guna mengetahui lebih sejarah dan perkembangan Mahkamah Agung RI.

“Tujuan kami kesini juga ingin mengetahui bagaimana proses kerja MA dalam menyelesaikan perkara hukum, khususnya perdata. Karena salah satu wewenang MA yaitu mengawasi dan menasehati peradilan-peradilan dibawah kompetensinya ” ujar Faris.

Lebih lanjut, ia berharap kampus IAIN Madura dapat menjalin komunikasi dan kerja sama yang baik dengan Mahkamah Agung.

“Khususnya nanti ketika praktik untuk mahasiswa semester akhir jurusan HKI bisa bekerja sama dengan pihak Mahkamah Agung dalam hal akademisi dan praktisi,” imbuhnya.

Selain itu, Faris juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Dr. H. Abdul Ghani M.H selaku Panitera muda Mahkamah Agung RI.

“Saya mewakili seluruh mahasiwa HKI mengucapkan banyak terima kasih telah sudi menerima kami di MA. Yang jelas ini merupakan momen dan pengalaman berharga bagi kami,” Pungkas Faris.

Untuk diketahui, 60 mahasiswa/i HKI IAIN Madura yang mengikuti Legal Studies ke Mahkamah Agung tersebut, sejak Sabtu 03 Mei 2019. Setelah acara usai, HMJ HKI IAIN Madura akan mengunjungi Museum Gajah Nasional, Masjid Istiqlal, Tugu Monas, Kota Tua, Museum Bank Nasional, Hutan Mangerove, dan pusat oleh-oleh.

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul