oleh

MWCNU Kecamatan Galis Gelar Manasik Haji

MediaJatim.com, Pamekasan – Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Galis melaksanakan Pelatihan Manasik Haji bagi calon Jamaah Haji tahun 2019 se Kecamatan Galis di kediaman Ketua Tanfidz MWCNU Galis, KH Hannan Zarkasi, Sabtu (04/05/2019).

Tujuan pelatihan ini untuk memberi pemahaman tentang syarat, rukun dan wajib Haji sekaligus dengan praktiknya.

Menurut Kiai Maktum, selaku koordinator mengatakan, selain itu, praktik ini juga untuk menambah kepercayaan masyarakat akan bentuk kedekatan NU kepada calon Jamaah Haji utamanya yang dari daerah Galis.

“Saya rasa ini adalah kesempatan yang baik untuk bagaimana memperbaiki keeratan kami dari kalangan NU struktural dengan mendekati masyarakat Galis yang mulai renggang akibat politik,” kata Kiai Maktum.

Pelatihan yang diikuti 43 jamaah ini, semuanya difasilitasi oleh MWCNU kecamatan Galis, mulai dari Miniatur Ka’bah, Hijr Ismail, Maqam Ibrahim dan 3 tempat pelemparan Jumrah, yang nantinya menjadi inventaris MWCNU Kecamatan Galis.

“Kami memang sengaja merangkai sendiri agar MWCNU Galis bisa memiliki alat-alat peraga Manasik Haji, sekaligus nantinya ini bisa menjadi latihan bagi para Banom-banom NU yang ada di kecamatan Galis,” lanjutnya.

“Pesantren-pesantren yang ada di kecamatan Galis nntinya juga bisa menggunakan alat ini sebagai latihan bagi para santri,” pungkas sekretaris LBMNU Pamekasan itu.

Reporter: Badrut Tamam

Redaktur: Sulaiman