oleh

Penentuan Awal Ramadhan 1440 H, Pusat Falakiyah IAIN Madura Gagal Melihat Bulan

MediaJatim.com, Pamekasan-Pusat Falakiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura melakukan rukyatul hilal atau melihat bulan dalam penentuan awal Ramadhan 1440 H di Observatorium IAIN Madura, Ahad (5/5/2019).

Namun Rukyatul Hilal yang dilaksanakan dari pukul 17.18 – 17.35 WIB tersebut tidak berhasil, dikarenakan posisi bulan terhalang mendung yang sangat tebal.

“Jadi di IAIN Madura ini hilal tidak bisa dilihat karena tertutup awan,” jelas Hosen, selaku Ketua Falakiyah IAIN Madura.

Lebih lanjut, Dosen yang juga menjabat sebagai petugas Lembaga Falakiyah NU Pamekasan itu menambahkan, Hilal berhasil dilihat di kota Gresik. Informasi itu didapatkan dari Didik mantan ketua Falakiyah IAIN Madura.

“Tapi informasi lanjutan tadi dari Pak Didik tadi di Gresik sudah bisa melihat hilal, dan sekarang lagi proses citra, dan jika diterima nanti bisa dilanjutkan sumpah untuk kepentingan sidang isbat,” imbuhnya.

Sementara itu, Maimun selaku dekan Fakultas Syariah menuturkan, keberhasilan bukanlah target utama dalam Rukyatul Hilal tersebut.

“Karenanl ini banyak dari kalangan mahasiswa tentunya target kita bukan berhasil atau tidaknya tetapi bagaimana kita itu berproses,” ujar Maimun.

Untuk diketahui, Rukyatul Hilal tersebut juga diikuti oleh Komunitas Pelajar Astronomi (Kompas) Kulminasi Pamekasan, Lembaga Falakiyah (LF) Annuqayah, LF Banyuanyar, LF Bata-Bata, mahasiswa Ahwal al-Syakhshiyah (AHS) IAIN Madura, dan mahasiswa AHS UIM Pamekasan.

Tampak hadir pula pada kegiatan tersebut, Muhammad Hasan (Wakil Rektor 3 IAIN Madura), Maimun (Dekan Fakultas Syariah IAIN Madura),) dan Abdul Jalil (Ketua Jurusan Ahwal al-Syakhsiyah).

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul