oleh

Santuni 100 Anak Yatim, UPZ IAIN Madura: Kami Ingin Berbagi Kebahagiaan

MediaJatim.com, Pamekasan – Di bulan suci ini, Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Madura gandeng Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Pamekasan dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pamekasan, menyantuni 100 anak yatim dan kaum dluafa, Sabtu (18/05/2019).

Acara yang ditempatkan di Auditorium kampus IAIN Madura itu dikemas dengan kuliah tujuh menit (kultum) yang disampaikan Ustadz Fakhrurrozi dan buka bersama.

Elman Duro, Ketua UPZ IAIN Madura menyampaikan, kegiatan tersebut rutin digelar setiap Bulan Ramadan untuk berbagi kebahagiaan dengan anak yatim. Ia juga bersyukur pada tahun ini kegiatan tersebut bisa berlangsung dengan lancar sesuai harapan.

“Alhamdulillah pada tahun ini kita bisa menyantuni 100 anak yatim dan kaum dluafa dari berbagai daerah di Pamekasan. Bantuan yang kami berikan itu merupakan hasil dari para anggota UPZ. Mereka rutin turun ke lapangan seminggu sekali untuk mengumpulkan sumbangan dari mahasiswa dan dosen yang ingin menyisihkan sedikit rezekinya untuk sesama serta dari lembaga sosial lainnya,” tuturnya.

Lanjut Elman, ia berharap untuk ke depannya bagi mahasiswa dan dosen di IAIN Madura semakin banyak yang bergairah dalam berbagi melalui lembaga UPZ, sehingga UPZ juga bisa mengembangkan kegiatan-kegiatan sosial lainnya.

“Selain kegiatan santunan untuk anak yatim dan dluafa, UPZ juga sudah membantu anak-anak yang kurang mampu untuk masuk sekolah. Ke depan kami berencana membuat program beasiswa bagi mahasiswa yang kurang mampu, khususnya di lingkungan kampus IAIN Madura sendiri. Mudah-mudahan niat baik itu bisa terealisasi dengan baik dan diberikan kelancaran,” terangnya.

Sementara itu, Mohammad Kosim selaku Rektor IAIN Madura menyampaikan, sangat mengapresiasi dan mendukung penuh atas kegiatan santunan anak yatim dan dluafa yang dilakukan oleh UPZ IAIN Madura.

“Teruslah menebarkan kebaikan untuk saudara-saudara kita yang membutuhkan. Pengabdian teman-teman UPZ tentu akan dicatat sebagai amal ibadah. Insya Allah akan mendapatkan pahala yang melimpah di bulan suci Ramadan ini,” pungkasnya.

Diketahui, acara tersebut dihadiri langsung oleh Mohammad Kosim Rektor IAIN Madura, Elman Duro Ketua UPZ beserta pengurus, perwakilan Baznas Pamekasan, perwakilan Korps Suka Rela (KSR), perwakilan Palang Merah Indonesia (PMI) Pamekasan, 100 anak yatim dan dluafa serta para undangan.

Reporter: AK

Redaksi: A6