oleh

“Atana’ ka Tomang” di Rumah Kader Ansor

MediaJatim.com, Sumenep – Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor Desa Gapura Tengah, Kecamatan Gapura, Kab. Sumenep, Madura, menggelar kegiatan Semalam di Rumah Kader Ansor, Kamis (23/5) malam.

Kegiatan ini untuk memperingati malam nuzulul quran pada momentum Ramadan 1440 Hijriyah. Selain itu, untuk mempererat tali silaturahmi dan menguatkan solidaritas internal organisasi.

“Kami berkumpul, menguatkan kebersamaan, melakukan hal-hal positif bersama-sama,” tutur Aribuddin, ketua PR GP Ansor Desa Gapura Tengah.

Semalam di rumah kader Ansor, lanjut Aribuddin, memiliki banyak rangkaian kegiatan. Diantaranya, salat tarawih berjamaah, khataman al-Quran dan bincang ke-NU-an oleh ketua PAC Ansor Gapura.

“Bagi kami, kegiatan ini adalah yang pertama kali. Kami rasa sangat efektif,” lanjut Aribuddin.

Yang menarik, jelas Aribuddin, kegiatan semalam di rumah kader Ansor ini juga menggelar sahur dan salat subuh berjamaah. Untuk mempersiapkan sahur, mereka atana’ ka tomang atau menanak nasi di atas tungku yang terbuat dari tanah liat.

“Atana’ ka tomang, menurut kami, usaha untuk belajar sederhana. Mengingat-ingat lagi orang-orang terdahulu melakukan kesederhanaan itu,” tambahnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, ketua PAC GP Ansor Gapura, Marzuki, sangat antusias dan mensupport inisiatif kegiatan yang di gelar sahabat-sahabat PR GP Ansor Gapura Tengah.

“Acara yang digagas PR GP Ansor Gapura Tengah ini, menarik. Ini sekaligus mengingatkan saya saat di pondok. Semua kebutuhan sahur disiapkan bersama-sama teman yang lain. Seru. Kebersamaannya kuat,” jelasnya.

Diharapkan, kegiatan serupa terus dilakukan untuk memotivasi kader muda NU dalam berorganisasi dan berkhidmat pada bangsa dan negara.

Kegiatan ini, di hadiri oleh sejumlah pengurus PAC dan PC Ansor Sumenep. Diantaranya, Ketua PAC Ansor Gapura, Marzuki, S.Pd.I, Sekretaris PAC Mufid, M.Pd, dan Koordiv. Kajian strategis dan penelitian PC GP Ansor Sumenep Dr. Mukhlishi, M.Pd.

“Kegiatan ini bermanfaat. Asik. Semoga menginspirasi kader-kader Ansor lain,” pungkas Marzuki.


Reporter: Holis
Redaktur: Sulaiman